Lihat ke Halaman Asli

Tips Memilih Karpet Agar Rumah Terlihat Cantik

Diperbarui: 18 Juni 2015   01:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Karpet adalah salah satu benda yang dapat mempercantik ruangan pada rumah anda. Karpet merupakan alas lantai yang serbaguna selain untuk kenyamanan penghuni rumah, karpet dapat di gunakan untuk memperindah dekorasi rumah agar rumah terlihat rapih dan bersih. Berbagai jenis karpet yang dapat menghiasi rumah anda di antaranya adalah karpet tile, karpet permadani, dan karpet meteran.

Untuk memilih karpet dalam ruangan adalah hal penting yang perlu diperhitungkan, pasalnya setiap ruangan memiliki tipe dan jenis ruangan yang berbeda-beda. Karpet yang banyak digunakan adalah karpet permadani, karena karpet ini merupakan karpet untuk interior desain pada ruangan-ruangan guna mempercantik ruangan, seperti ruang keluarga, kamar tidur dan ruangan lainnya. Untuk mengaplikasikan karpet dalam sebuah ruangan bukanlah hal yang mudah, hal yang utama adalah menentukan karpet yang akan digunakan dan akan berpengaruh terhadap desain yang telah dipilih. Kemudian setelah itu harus memperkirakan ukuran-ukuran karpet yang akan digunakan karena akan menyesuaikan ukuran pada ruangan yang akan dipakai.

Untuk pilihan bahan karpet yang akan di gunakan banyak bahan yang menjadi rekomendasi, tergantung dari jenis karpet tersebut. Kebanyakan jenis samira dengan bahan rajutan polypropylene dipilih banyak orang. Alasan beberapa orang memilih karpet ini karena selain cocok untuk ruangan dengan motif persia ini, ruangan akan terlihat lebih terkemas dan rapih sehingga terlihat nyaman dan bersih. Karpet ini memiliki ketebalan 5mm sehingga akan nyaman jika digunakan untuk bersantai dengan keluarga.

Tips Memlih Karpet

1. Perhatikan ukuran yang akan digunakan.
Ukuran dari setiap karpet yang akan digunakan memiliki berbedaan yang cukup signifikan, karena ukurna di tentukan dari besar atau kecilnya sebuah ruangan. Misalnya jika ingin menata karpet dengan meja diatasnya, pastikan untuk menggunakan karpet yang lebih besar dari ukuran meja yang ada.

2. Motif dan warna
Dari sekian banyak motif karpet yang ada, akan lebih bagus jika memilih motif karpet yang bertolak belakang dengan kursi atau sofa yang ada pada ruangan tersebut. Jika sofa memiliki motif yang polos dengan warna soft maka akan lebih tepat memilih karpet dengan motif yang sedikit bercorak engan warna yang cenderung cerah. sebaliknya jika sofa memiliki corak, maka memilih karpet dengan motif polos dengan warna soft.

3.Material (Bahan Karpet)
Untuk bahan karpet umumnya terbuat dari bahan yang sintetis seperti nilon, katun, dan wol. untuk jenis bahan karpet seperti katun dan nilon akan lebih ramah lingkungan karena karpet yang yg terbuat dari wol memiliki kelembutan dengan kualitas yang tinggi dan juga tahan lama, sehingga awet dalam jangka waktu yang lama. Untuk karpet yang berbahan katun akan lebih cocok jika di dekorasikan ke tempat yang tidak terlalu sering di injak karena bahan katun akan mudah untuk rusak dan kasar.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline