Lihat ke Halaman Asli

Jejak Sarjana Mendidik From Serang to Kupang (Episode 4)

Diperbarui: 24 Juni 2015   16:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Cerpen. Sumber ilustrasi: Unsplash

Lets Go Kupang!

Seminggu setelah acara wisuda gelombang III di kampus UPI pada tanggal 21 Desember 2011, segala persiapan dilakukan baik fisik maupun psikologis untuk menunjang kesiapan mengajar di daerah 3T khususnya di Kupang. Namun pemberangkatan untuk ke kupang ternyata diundur menjadi tanggal 5 Januari 2012 yang sebelumnya dijadwalkan berangkat pada tanggal 27 Desember 2011.

Pada hari Rabu tanggal 4 Januari 2012 pukul 16.00 wib, seluruh peserta SM-3T tujuan Kab. Kupang dikumpulkan untuk penjelasan teknis pemberangkatan. Pada malam harinya seluruh peserta banyak 29 orang menginap di Dormitory UPI. Pada Kamis tanggal 5 Januari 2012 sekitar pukul 1.00 wib dini hari kami dibangunkan untuk segera berkumpul di depan gedung dormitory dan mengumpulkan semua barang yang akan dibawa ke Kupang masing-masing kelompok. Sekitar pukul 4.55 tiba di bandara internasional Soekarno-Hatta Tangerang Banten. Setiba disana kami masing-masing kelompok mencari troli untuk membawa barang bawaan kelompok dan masuk terminal B. Setelah memasuki pemeriksaan awal untuk barang bawaan segera mencari tempat untuk solat subuh. Setelah solat subuh, ternyata ada kesalahan jalur masuk. Seharusnya kita masuk terminal A bukan ke terminal B, sehingga harus berputar kembali ke depan lalu mencari terminal A. setelah melalui pemeriksaan barang tahap kedua di terminal A, semua berbaris untuk menghitung berat barang bawaan rombongan. Proses ini selesai pukul 8.15 wib dan seluruh rombongan masuk ke ruang tunggu. Pada pukul 8.40 wib pesawat Lion Air sudah tiba. Semua menuju pesawat dan terbang pukul 9.10 wib. Setelah terbang selama 1 jam 15 menit pesawat tersebut transit di bandara Juanda Surabaya. Setelah transit sekitar 25 menit pesawat berangkat kembali menuju Kupang pukul 10.50 dan terbang ke Kupang selama 2 jam 25 menit. Karena perbedaan waktu antara wilayah barat dan tengah adalah satu jam maka sampai di bandara El Tari kota Kupang menunjukkan pukul 14.15 WITA.

Setelah sampai di badara El Tari kota Kupang, kami disambut oleh perwakilan dari dinas pendidikan kabupaten Kupang untuk melanjutkan perjalanan ke kantor dinas pendidikan, pemuda dan olahraga di Jalan Perintis Kemerdekaan, Kota Baru Kupang. Setibanya disana kami langsung menuju kamar penginapan yang telah disiapakan oleh panitia kemudian setelah istirahat sejenak kami makan. Inilah makanan yang dimasak oleh orang kupang pertama yang saya makan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline