[caption id="attachment_115530" align="aligncenter" width="655" caption="Google, sumber: bgr.com"][/caption] Persaingan memperebutkan konsumen di dunia online semakin sengit. Banyak situs berlomba-lomba memberikan kemudahan dan membuat pengunjung bisa berlama-lama di situs tersebut. Situs terkenal seperti Google, Facebook, dan Microsoft mencoba berbagai inovasi agar tetap menarik untuk dikunjungi. Dan kali ini yang menjadi pemenangnya adalah Google. Comscore memperkirakan jumlah pengunjung internet yang menjadi pengunjung Google di bulan Mei 2011 yang lalu sebesar satu miliar orang lebih. Menurut data Comscore sebagaimana dikutip oleh oleh blog.wsj.com, selama tahun lalu, pengunjung unik per bulan Google telah meningkat 8,4% menjadi lebih dari satu miliar. Selama periode yang sama, Microsoft mempertahankan posisi di nomor 2 posisi dengan 905 juta unik pengunjung pada Mei, naik sekitar 15%, sedangkan jumlah Facebook melonjak 30% menjadi sekitar 714 juta unik pengunjung. Pada bulan Mei, Yahoo memperoleh 689 juta unik pengunjung, naik 10,8% dibandingkan tahun lalu, meskipun itu dikalahkan oleh Facebook dan harus tergusur ke posisi ke empat. Perkiraan ComScore ini didasarkan pada panel pengukuran global dari dua juta pengguna internet, mirip dengan langkah-langkah yang dipakai Nielsen dalam menentukan rating TV. ComScore membandingkan perkiraan ini dengan data yang diterima dari lebih dari 90 dari 100 penerbit konten Web, tetapi tidak dari Google. Comscore sudah memulai menampilkan data pengjung internet pada awal tahun 2006 yang lalu di mana saat itu Google memperoleh kunjungan sebanyak 496 juta per bulan. Pada saat itu, Microsoft dan konten search engine MSN menduduki posisi nomor satu dengan 539 juta pengunjung. Namun setelah Google meluncurkan Gmail dan membeli YouTube jumlah unik pengunjungnya naik secara drastis dan search engine-nya juga menjadi mesin pencari nomor satu di dunia. Namun kini pertempuran di internet sudah agak bergeser. Kini unik pengunjung bukan lagi ukuran yang cukup kuat untuk menentukan prestasi sebuah situs tertentu. Kini orang lebih melirik lamanya pengunjung berada di sebuah situs tertentu. Pengiklan akan sangat senang jika sebuah situs memiliki time on site sangat tinggi. Pemasar kini berfokus pada situs yang memiliki time on site yang tinggi dan dalam kategori ini Google kalah jauh. Dalam kategori lamanya kunjungan atau time on site tersebut Facebook merupakan situs nomor satu. Dalam kategori waktu yang dihabiskan pengguna di situs, Facebook memiliki keunggulan dibandingkan banyak situs lainnya di dunia. Menurut ComScore, social media ini melampaui Google pada bulan November 2010 dan Microsoft awal tahun 2011 ini. Pada bulan Mei, pengguna internet menghabiskan 250 miliar menit di Facebook, naik sekitar 66,6% dari tahun sebelumnya. Pengguna menghabiskan 204 miliar menit di situs Microsoft, turun 13,6%. Google naik 13% menjadi sekitar 200 miliar menit per bulan. Hal yang cukup menjadi pertanyaan adalah rilis Comscore ini sepertinya agak jauh ketinggalan dibandingkan dengan data yang diberikan oleh Google sendiri pada bulan September 2010 yang lalu. Marissa Mayer, salah satu eksekutif Google di bulan September 2010 yang lalu mengatakan bahwa Google per minggunya (bukan per bulan) melayani satu miliar kunjungan. Artinya ada sekitar 4 miliar lebih kunjungan di situs Google per bulan. Tentu banyak yang bertanya mengapa perbedaannya sedemikian jauh? Jawabannya adalah bahwa Comscore tidak mengambil dari langsung dari Google. Kedua adanya perbedaan konsep pengunjung dalam menampilkan jumlah pengunjung. Bagi Google tampaknya bukan menghitung pengunjung unik, namun keseluruhan pengunjung. Jadi bila dalam satu hari satu IP mengunjungi Google 100 kali dihitung seratus, sementara Conscore mungkin mengitungnya hanya sekali karena adanya konsep pengunjung unik tersebut.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H