Lihat ke Halaman Asli

What to Do in Korea?

Diperbarui: 25 Juni 2015   06:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

3 Hal yang ingin dilakukan di Korea:

Susah jika hanya menyebutkan 3 hal saja, karena pasti banyak yang ingin kita explore dari korea selatan. Kali ini saya akan membaginya ke dalam 3 elemen:

1. Kegiatan yang melambangkan elemen air Bersantai di Cheonggyecheon Stream, ingin merasakan spa gratis, ‘mencelupkan’ kaki di aliran sungai, sambil merilekskan pikiran.

Dan bersepeda sejenak dengan menyewa sepeda di sekitar Han River sambil menghirup udara segar, tentunya inipun bisa untuk merilekskan pikiran.

Mencoba Jimjilbang/ 찜질 (tempat sauna). Mengapa saya kategorikan ke dalam elemen air, bersauna akan membuat peluh keringat kita berjatuhan, nah di sini letak korelasi dengan elemen airnya.^^v Suhu tiap ruanganpun berbeda, kita bisa memilih sesuai kebutuhan kita. Sel-sel kuli mati akan terbuang, dan digantikan dengan yang baru. Mungkin ini yang membuat para wanita korea awet muda ya. Mereka kan rajin ke Jimjilbang ^^

Masih ingat dengan drama Lovers in Paris (SBS, 2004), nah ada Jimjilbang scene dalam drama tersebut. Tentunya tidak hanya Lovers in Paris, masih banyak drama dan variety show korea yang menampilkan sauna ala korea (Jimjilbang). Berkerigat, menonton tv, minum, makan, bahkan tidur. Satu yang sangat unik yaitu menggunakan handuk di kepala dan diikatkan menjadi seperti kepala kambing dengan 2 tanduk, dan memecahkan telur rebus di kepala temannya. Lucu bukan.

Kegiatan-kegiatan di atas bisa menghilangkan penat bahkan stress dan pikiran akan kembali fresh dan siap beraktivitas kembali. :)

2. Kegiatan yang melambangkan elemen tanah

Suatu bangunan identik dengan tanah. Maka kegiatan kedua yang kali ini mewakili elemen tanah yakni mengunjungi bangunan beberapa kerajaan korea, misalnya Gyeongbokgung Palace. Kita bisa menyaksikan seremonial pergantian para penjaga kerajaan.

Bangunan lain yaitu Hanok, bangunan rumah tradisional korea ini bisa ditemui di beberapa Hanok village. Salah satunya adalah Bukchon hanok village. Jika kalian masih ingat dengan drama Personal Taste yang diperankan oleh Lee Min Ho, nah Sanggojae (rumah tradisional korea yang telah mendapat sentuhan modern) yang menjadi latar dalam drama tersebut terletak di sana.

Kegiatan tersebut tak boleh terlewatkan, karena merupakan kesempatan bersifat historikal. Sayang, hanya gerbang dan jalan di sekitar Sanggojae di Bukchon hanok village saja yang menjadi sorotan kamera  pada pembuatan Personal Taste, bagian dalamnya dilakukan pengambilan gambar di tempat lain.

3. Kegiatan yang melambangkan elemen api

Api identik dengan semangat yang berkobar-kobar. Window shopping juga disertai semangat membara dalam melihat-lihat bahkan hingga berburu barang belanjaan kan. Korea selatan sangat terkenal dengan sebutan surga belanja. Begitu banyak outlet pembelanjaan, baik tempat pembelanjaan tradisional hingga modern. Misalnya Myeongdong {dalam drama He’s Beautiful, Kang Shin Woo [Jung Yong Hwa] mengikuti Go Mi Nam secara diam-diam [Park Shin Hye] namun pada akhirnya mereka gagal bertemu) tragis ya :’( } hehe..

Terdapat pula suatu kawasan yang terkenal dengan sebutan Hongdae yakni di sekitar Universitas Hongik, terkenal dengan surga party di malam hari. Aura yang masih mewakili elemen api kan. Ada satu yang menarik perhatian saya yaitu Coffee Prince Coffe Shop, kedai kopi tempat pembuatan drama The First Shop Of Coffee Prince (MBC, 2007) ada Kim Jae Wook lhoo :D

Oh iya,orang Korea sangat menggemari minuman ice americano, pasti di Coffee Prince ada ya. Saya ingin menikamati secangkir kopi ala Coffe Prince, maklum saya penggila kopi :) Pasti penikmat kopi yang lain ingin juga napak tilas dengan scene-scene dalam dramanya sambil ‘menyeruput’ kopi hangat atau dingin dalam cangkir. Slurrp :’)

Artikel mini ini sengaja terkonsep khusus untuk pemilihan Touch Korea Tour bersama Korea Tourism Organization Indonesia. Semoga bisa berbagi :)

Sumber gambar: visitkorea.or.kr, chaemii.blogspot.com, hallyudorama.com, dramabeans.com, wallpaperpimper.com, squidoo.com, eunjo.tumblr.com, ioffer.com. (baca selebihnya...) :)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline