Lihat ke Halaman Asli

Kilau Indonesia

Kilau Indonesia merupakan sebuah lembaga yang bergerak dibidang kemanusiaan

Apa yang Menjadi Faktor Sepakbola Indonesia Susah Maju?

Diperbarui: 10 Januari 2023   11:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi foto dari https://bola.okezone.com

Hasil pertandingan antara Timnas Indonesia melawan Vietnam tadi malam dalam ajang leg II semifinal Mitsubishi Electric AFF Suzuki Cup 2022 sudah diketahui. Dimana, Skuad Garuda  julukan Timnas Indonesia harus menelan "pil pahit" dengan mengalami kekalahan 2-0 tanpa balas.

Laga Timnas Indonesia melawan Vietnam sendiri, diselenggarakan di Stadion My Dinh, Senin (9/1/2023) Vietnam pukul 19.30 WIB. Adapun, untuk gol Vietnam diciptakan oleh Nguyen Tien Linh pada menit ke 3 babak pertama dan menit ke 47 babak kedua.

Dengan hasil ini, perjalanan Timnas Indonesia harus terhenti dan gagal melaju ke babak final Mitsubishi Electric AFF Suzuki Cup 2022 ini. Sebab, Indonesia kalah agregat skor 2-0 setelah di pertemuan pertama atau leg I harus puas bermain imbang tanpa gol.

Pasca kekalahan yang di terima oleh Skuad Garuda, pasti banyak yang bertanya-tanya, "Kok sepakbola kita gini-gini terus, kapan majunya," atau pertanyaan lainnya adalah "Kira-kira apa ya yang menjadi faktor sepakbola Indonesia susah maju?" Nah untuk menjawab semua pertanyaan itu, yuk simak artikel ini sampai habis ya.

Sepakbola sudah menjadi olahraga yang paling digemari di Indonesia. Mengapa bisa dibilang seperti itu? Karena yang memainkan atau yang menggemari olahraga sepakbola ini, tidak hanya di mainkan atau digemari oleh orang dewasa ataupun laki-laki saja. Akan tetapi, disukai oleh semua kalangan, baik anak-anak, remaja perempuan dan juga ibu-ibu.

Namun sayangnya, jumlah penggemar sepakbola di tanah air yang luar biasa tidak sebanding dengan prestasi yang diterima oleh Timnas Indonesia saat ini. Tentu saja, masalah tersebut yang kini sedang coba dipecahkan. Nah, kalau mau permasalahan tersebut ingin cepat dipecahkan, berikut ini adalah lima faktor mengapa sepakbola Indonesia susah maju, dikutip oleh bola.okezone.com check this out :

A. Faktor yang pertama adalah tidak adanya pembinaan usia dini

Seperti yang kita ketahui bahwa pembinaan usia dini itu sangatlah penting. Sebagaimana hal ini, telah diterapkan oleh negara-negara besar di eropa seperti Spanyol, Portugal, Jerman, Inggris, Perancis dan lain sebagainya selama bertahun-tahun lamanya.

Oleh karena itu, jika ingin mendapatkan generasi bagus di masa depan maka pembinaan usia dini menurut mimin sangatlah penting. Caranya bagaimana? Caranya adalah dengan mengajari dasar bermain sepakbola seperti menandang, mengoper dan lain sebagainya kepada anak-anak usia 5 tahun.

B. Faktor yang kedua adalah kualitas kompetisi lokal yang buruk

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline