Lihat ke Halaman Asli

Mengenal Beberapa Jurusan di SMK

Diperbarui: 23 Januari 2024   11:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

pixabay.com

Mengenal Jurusan yang Tersedia di SMK atau Sekolah Menengah Kejuruan, adalah jenis sekolah menengah yang fokus pada pendidikan kejuruan dan keterampilan praktis. 

Kita akan menjelajahi berbagai jurusan yang ditawarkan di SMK, memberikan siswa kesempatan untuk mendapatkan pengetahuan dan keterampilan yang relevan dengan dunia kerja.

1. Teknik dan Teknologi:

Jurusan ini mencakup beragam bidang seperti teknik mesin, elektronika, otomotif, komputer, dan listrik. Siswa akan mempelajari dasar-dasar, pemeliharaan, dan perbaikan peralatan serta sistem yang berkaitan dengan setiap bidang tersebut.

2. Bisnis dan Manajemen:

Jurusan ini melibatkan bidang seperti administrasi perkantoran, akuntansi, pemasaran, manajemen perhotelan, dan manajemen bisnis. Siswa akan belajar tentang pengelolaan bisnis, keuangan, manajemen sumber daya manusia, dan keterampilan komunikasi yang relevan di dunia bisnis.

3. Kesehatan dan Keperawatan:

Jurusan ini melibatkan bidang seperti keperawatan, farmasi, analisis kesehatan, dan teknologi medis. Siswa akan memperoleh pengetahuan tentang perawatan pasien, pengelolaan obat-obatan, analisis laboratorium, dan penggunaan teknologi medis di rumah sakit dan fasilitas kesehatan lainnya.

4. Pariwisata dan Perhotelan:

Jurusan ini mencakup bidang seperti manajemen perhotelan, jasa pariwisata, kuliner, dan manajemen perjalanan. Siswa akan mempelajari keterampilan dalam mengelola hotel, restoran, agen perjalanan, serta mengembangkan kemampuan memasak dan pelayanan kepada tamu.

5. Seni dan Kreativitas:

Jurusan ini melibatkan bidang seperti desain grafis, desain interior, seni rupa, desain busana, dan multimedia. Siswa akan memahami prinsip desain, teknik kreatif, dan penggunaan perangkat lunak yang relevan dalam menciptakan karya seni dan desain.

Itulah beberapa jurusan yang ada pada SMK yang kalian minati, di SMK terdapat banyak jurusan lainnya bisa kalian pilih sesuai minat bakat pada diri kalian masing-masing.

Pada 5 nomor diatas banyak sekali jurusan atau program keahliannya seperti pada Teknik, contoh (teknik Sepeda motor, teknik listrik, dan lain sebagainya), begitupun pada nomor lainnya.

Di SMKN 1 Teluk Kuantan Provinsi Riau juga ada berbagai jurusan atau program keahlian yang dapat kalian pilih sesuai minat dan bakat pada diri kalian masing-masing.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline