Lihat ke Halaman Asli

Kasus Korupsi di Indonesia

Diperbarui: 4 April 2019   20:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pemerintahan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Menurut Steade et al (1984: 701) Etika bisnis adalah standar etika yang berkaitan dengan tujuan dan cara membuat keputusan bisnis. Salah satu masalah dalam etika bisnis adalah suap (bribery). Suap adalah tindakan berupa menawarkan, memberi dan menerima atau meminta sesuatu yang berharga dengan tujuan mempengaruhi tindakan seorang pejabat dalam melaksanakan kewajiban publik.

Suap dimaksudkan untuk memanipulasi seseorang dengan memberi pengaruh. "Pembelian" itu dapat dilakukan baik dengan membayarkan sejumlah uang barang atau jasa maupun pembayaran kembali setelah transaksi terlaksana, termasuk juga pembelian janji-janji untuk memberikan sesuatu.

Dari pengertian suap dan etika bisnis diatas, memiliki hubungan. Apabila dalam seorang pebisnis, pelanggan, kreditur, pemegang usaha, ataupun masyarakat melakukan suap, dengan tidak berkata jujur, maka ia dikatakan tidak etis, sebab bisa merugikan orang-orang dalam dunia bisnis. Karena etika bisnis menyangkut moral, kontak sosial, hak-hak dan kewajiban.

Di indonesia banyak sekali kasus korupsi yang menjerat para petinggi tatanan pemerintahan  kasus korupsi ini banyak bahkan sudah menjamur dan mendarah daging di tatanan pemerintahan indonesia sejak dimulainya orde lama sampai sekarang. Kasus korupsi sangantlah merugikan negara sampai sampai negara bisa merugi hingga bertriliun-an. Contoh dari pelanggaran etika bisnis yang  menjadi perbincangan saat ini  adalah kasus suap pada direksi PT Pupuk Indonesia  dan direksi PT Krakatau Steel . OTT Direksi PT Pupuk Indonesia terkait korupsi pengangkutan pupuk, sedang direksi PT Krakatau Steel terkait korupsi pengadaan barang. pada kasus ini melibatkan pejabat petinggi BUMN disebabkan oleh proses pengangkatan direksi dan komisaris yang tidak bijaksana. Ini adalah hasil pengangkatan yang tidak prudent atau tidak profesional karena tidak berbasis kompetensi. Akibatnya banyaknya petinggi yang terjerat kasus korupsi. ini merupakan tamparan keras bagi pemerintahan jokowi karna pada pemerintahannya lah banyak sekali pejabat petinggi baik dari pejabat BUMN,DPR,bahkan pengusaha dapat menjalankan rencana busuk suap untuk melancarkan usahanya.

Sangat di sayangkan bahwa kasus korupsi ini merajalela di indonesia banyak nya kasus korupsi ini mungkin akibat kurangnya sanksi bagi para pejabat yang terkena kasus korupsi. bahkan sempat beredar berita bahwa salah satu tersangka korupsi mendapatkan pelayanan yang mewah di kamar tahananya yang sangatlah melanggar kode etik karna dia merupakan tersangka kasus korupsi yang seharusnya mendapatkan perlakuan yang sama dengan tersangka kasus kejahatan lainnya. selain kurangnya sanksi bagi para tersangka korupsi, hukum di indonesia juga saat ini mengkhawatirkan karna sekarang banyak sekali suap menyuap di kalangan hakim yang membuat hukum di indonesia tidak bersih dan bahkan baru baru ini bahwa bagi para napi korupsi dapat mencalonkan diri pada pemilu pada saat ini yang harusnya di cekal malah di perbolehkan.

Mungkin solusi yang dapat diambil menurut saya bagi pemerintah untuk pemerintah agar lebih tegas akan kasus korupsi atau suap ini agar memberikan efek jera bagi setiap orang yang terkena jerat kasus ini. selain itu perlunya peningkatan kadar keimanan juga di perlukan untuk dapat menangkal pengaruh setan yang menjerumuskan manusia ke lubang kemaksiatan selain itu perlunya membangun rasa cinta terhadap tanah air agar negara kita kuat menangkal kasus korupsi ini serta membangun pendidikan moral yang bermartabat dan pendidikan anti korupsi.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline