Lihat ke Halaman Asli

kiki saraswati

Follow your dream

Pelaksanaan Magang MBKM Fakultas Hukum Universitas Jember di Kantor Imigrasi Jember Benarkah Memberikan Manfaat Untuk Mahasiswanya?

Diperbarui: 13 Februari 2022   07:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Fakultas Hukum Universitas Jember pada semeter gasal 2021/2022 memberikan kesempatan kepada mahasiswa-mahasiswinya untuk mengikuti program MBKM. Magang yang diselenggarakan oleh FH UNEJ ini terdapat di beberpa instansi salah satunya yaitu di instansi kantor imigrasi kelas 1 TPI Jember. Adanya program magang ini disambut baik oleh Fakultas Hukum Universitas Jember, dimana FH UNEJ menerjunkan mahasiswanya untuk mengikuti Program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) pada instansi terkait. 

salah satu mahasiswa magang di kantor imigrasi jember adalah Kiki Saras Wati yang merupakan mahasiswi semester 7 Fakultas Hukum Universitas Jember. Bentuk kegiatan magang yang diselenggarakan diselenggarakan dalam satu semester dan berlangsung pada tanggal 23 Agustus 2021 hinggai 12 Desember 2021. kegiatan ini dilakukan dengan mengikuti kerja praktek secara langsung di kantor imigrasi jember yang bertempat di Jl. Letjen D.I. Panjaitan No. 47 

Kegiatan Magang MBKM yang dilakukan merupakan salah satu bentuk kegiatan pelatihan yang dilakukan secara langsung melakukan praktek kerja sebagai pengaplikasian kemampuan pendidikan yang diperoleh mahasiswa baik dari bangku perkuliahan maupun dari kegiatan lain di luar kuliah. Program magang yang diseenggarakan oleh FH UNEJ ini diadakan agar mahasiswa mengenal dunia kerja yang sebenarnya. Selain itu mahasiswa dapat langsung mempraktekan ilmu yang didapatkan di perguruan tinggi, sehingga mahasiswa juga dapat menambah pengetahuan, pengalaman dan wawasan di lapangan mengenai dunia kerja terkait dengan keimigrasi dan yang paling penting adalah bagaimana cara melakukan adaptasi dan komunikasi di dunia kerja yang tentunya hal ini sangat diperlukan di dunia kerja nantinya.

Kegiatan magang yang dilakukan di kantor imigrasi dilakukan dan dibagi pada setiap divisi yaitu: Tata Usaha, Izin Tinggal, lantaskim, Tikim, Intelejen yangmana pelaksanaan magang ini dilakukan setiap dengan cara di roling setiap 2 minggu sekali pada setiap divisi, sehingga mahaiswa magang di kantor imigrasi jember  dapat lebih memahami dan mendapatkan pengalaman di setiap divisi yang berapa di kantor imigrasi jember. 

Dokpri

Dengan adanya program magang MBKM yang dilakukan oleh FH UNEJ memberi manfaat bagi saya karena selain belajar di kampus saya juga mendapatkan pengalaman di lapangan dan dapat menerapkan ilmu yang telah saya dapatkan dikelas untuk saya aplikasikan di kantor imigrasi jember, sehingga dengan adanya program MBKM ini saya lebih memahami terkait dengan keselarasan ilmu yang sudah saya dapatkan di kelas dengan pengalaman yang sudah saya dapatkan dilapangan, sehingga adanya program magang ini dapat membuka jalan bagi mahasiswa dan mahasiswi FH UNEJ khususnya saya dalam mengembangkan kompetensinya melalui berbagai kegiatan yang dilakukan di luar kelas dengan menjadikannya sebagai pembelajar mandiri guna menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia yang unggul. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline