Lihat ke Halaman Asli

KIKI : Kesempatan, Impian, Kerjakan, dan Ikhtiar

Diperbarui: 14 Mei 2016   14:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Nama saya Kiki Ristia Amalia nama panggilan saya kiki tetapi dirumah saya biasa dipanggil amalia. Saya lahir di Samarinda pada tanggal 09 September 1995, saya anak pertama dari tiga bersaudara dari pasangan bapak Anton SH dan ibu Hj. Najmi. Ayah saya adalah seorang wiraswasta dan ibu saya adalah seorang ibu rumah tangga. Adik pertama saya bernama Wildan Chair yang saat ini duduk dibangku SMA kelas 2, dan adik kedua saya bernama Naila Farah Mumtazah yang saat ini masih duduk dibangku Sekolah Dasar kelas 5. Saat ini keluarga kami tinggal di Samarinda tepatnya berada di daerah Samarinda Seberang yaitu di Jl. Bung Tomo, Perumahan Keledang Mas Baru, Blok BV No. 19 RT. 09.

Pada saat usia 5 tahun saya memulai jenjang pendidikan di Taman Kanak-kanak (TK) Al-Hikmah. Setelah lulus dari Taman Kanak-kanak, saya bersekolah di Sekolah Dasar Negeri 001 Samarinda Seberang lulusan tahun 2007. Kemudian saya melanjutkan pendidikan ke Sekolah Menengah Pertama yang masih berada di daerah Samarinda Seberang, yaitu SMP N 8 yang dulunya berdekatan dengan rumah saya yang dahulu sebelum saya pindah di rumah yang sekarang saya tempati. Selama SMP saya mengikuti ekstrakurikuler menjahit dan komputer. Setelah menempuh pendidikan bertahun-tahun di daerah Samarinda Seberang mulai dari TK hingga sekolah menengah pertama, saya pun mencoba suasana baru dengan melanjutkan sekolah saya ke Sekolah Menengah Kejuruan yang berada di tengah kota Samarinda yaitu SMK Negeri 1. Saya mengambil jurusan Usaha Perjalanan Wisata atau biasa dikenal dengan jurusan pariwisata. Selama SMK selain belajar saya juga disibukkan dengan kegiatan ekstrakurikuler (ekskul) teater, dimana teater sekolah ini bernama teater “Melati”. Alasan saya memilih ekskul teater adalah untuk melatih kepecayaan diri saya karena sebelumnya saya adalah anak yang pemalu dan kurang percaya diri. Pada saat saya duduk di bangku kelas 2 saya menjalani program yang diadakan oleh sekolah yaitu Praktik Kerja Lapangan selama tiga bulan lamanya di salah satu perusahaan travel agent di Samarinda yang bernama PT. Pelangi Nautika Tour and Travel. Pada tahun 2013 saya mampu menyelesaikan pendidikan SMK saya dengan baik. setelah lulus SMK, selama empat bulan sambil mengisi waktu sebelum melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi saya bekerja di perusahaan galangan kapal dibagian administrasi.

Saat ini saya menempuh pendidikan di perguruan di Samarinda yaitu Universitas Mulawarman, saya mengambil program S1 studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, dimana saat ini saya sedang berada di semester 6. Dan dalam waktu yang tidak lama lagi akan menjalankan program Kuliah Kerja Nyata untuk mengabdi kepada masyarakat. Sebelumnya pada saat saya berada di semester 2 selain sibuk kuliah saya juga meluangkan waktu untuk bekerja sambilan sebagai pengajar di salah satu tempat kursus di Samarinda. Disana saya mengajar beberapa mata pelajaran untuk anak SD dari kelas 1 hingga kelas 6. Namun itu hanya bertahan selama 6 bulan saja karena waktu saya disita dengan  jadwal perkuliahan semakin bertambah dan banyaknya tugas kuliah yang harus saya kerjakan.

Ada banyak hal yang saya sukai dan menjadi hobi saya, jika ada waktu luang selalu saya menyempatkan untuk hobi saya. Seperti nonton drama korea dan film bollywood, menggambar, membuat kue, dan make-up. Saya mengenal dan menyukai make up sejak duduk dibangku sekolah dasar, namun karena masih terlalu kecil maka pengetahuan saya mengenai make up saya masih terbatas. Setelah SMK barulah saya mulai mefokuskan belajar make-up lebih detail, dan saat ini karena saya memiliki pekerjaan sampingan sebagai penari samrah yang mengharuskan menggunakan full make-up sehingga hal ini saya manfaatkan untuk melatih kemampuan make-up saya.

Rencana saya kedepannya adalah setelah lulus kuliah saya akan bekerja untuk mendapatkan modal usaha yang kedepannya nanti saya akan membuka usaha sendiri, yaitu dengan membuka usaha dibidang kuliner. Seiring usaha saya berjalan saya juga ingin melanjutkan pendidikan saya kejenjang S2 di Perguruan tinggi di luar negeri. Harapan saya semoga saya bisa lulus dengan cepat dan dengan nilai yang baik dan apa yang saya rencanakan untuk kedepannya bisa tercapai. Tentunya harapan saya akan saya wujudkan dengan terus belajar, memanfaatkan kesempatan yang ada, memperbanyak pengalaman, dan terus berusaha untuk menjadi lebih baik, dengan dukungan orang tua dan sahabat dan juga akan selalu saya terapkan empat kata dari empat huruf nama saya yaitu KIKI (Kesempatan, Impian, Kerjakan, dan Ikhtiar). Gunakan waktu dan kesempatan sebaik mungkin untuk meraih impian, kerjakan tanpa mengeluh, dan selalu berikhtiar.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline