Lihat ke Halaman Asli

Wahyu Barata

Marketing Perbankan

Kenali Langkahmu Sebelum Mendapat Kerja

Diperbarui: 27 Juni 2021   22:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Worklife. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Mencari kerja di masa pandemi Covid - 19 tidak mudah. Kamu harus bersaing dengan ribuan atau bahkan jutaan calon tenaga kerja potensial untuk menduduki posisi tertentu. Tetapi tidak salah kalau kamu tetap berusaha, sebab setiap usaha keras akan membuahkan hasil optimal.

Untuk mencari pekerjaan yang sesuai dengan apa yang kamu inginkan , dibutuhkan trik yang sekiranya bisa memperoleh hasil sesuai dengan apa yang diharapkan. Jangan asal mencari pekerjaan. Sebab tidak jarang karyawan baru perusahaan menyesal karena pilihan pekerjaannya memberatkan. Akan lebih baik kalau kamu mengenali langkah-langkah mendapatkan pekerjaan agar tidak menyesal di kemudian hari.

Misalnya kamu mengirim surat lamaran yang tidak sesuai dengan kualifikasi yang ditentukan perusahaan. Akibatnya ada kemungkinan surat lamaranmu diabaikan, sebab perusahaan lebih memprioritaskan calon karyawan yang sesuai dengan kualifikasi.

Mencari informasi pekerjaan bisa melalui media cetak atau media on line yang banyak memberikan informasi lowongan  pekerjaan. Tetapi bisa juga mencari informasi pekerjaan melalui teman atau famili, asal kamu mempunyai kapanilitas untuk menduduki posisi yang dibutuhkan.

Kalau kamu mendapat tawaran kerja, sebaiknya kamu mengenali perusahaan itu dengan cara mengumpulkan informasi mengenai perusahaan maupun tempat kerjanya. Kenali bidang yang digeluti oleh perusahaan itu. Sehingga setidaknya kamu bisa mendapatkan gambaran apa yang akan kamu lakukan dan apa yang sekiranya menjadi tujuan perusahaan. Sebab tidak jarang pada saat wawancara kamu mendapat pertanyaan seperti itu.

Saat melakukan negosiasi gaji, sebaiknya kamu jangan ragu untuk memberikan informasi mengenai pendapatan yang kamu inginkan. Karena bagaimanapun dalam proses ini akan terjadi proses keterbukaan antara kamu dan perusahaan. Perusahaan akan menimbang kembali apa yang menjadi harapanmu. Jangan pernah ragu untuk menolak dan jangan pernah berpikir mencari pekerjaan susah. Sebab bagaimanapun setidaknya kamu mempunyai kebutuhan sehari-hari yang harus kamu penuhi.

Hal lain yang harus kamu pertimbangkan bila kamu akan menerima pekerjaan adalah lokasi tempat bekerja. Lokasi tempat bekerja yang jauh dari tempat tinggalmu akan menguras tenaga. Kalau kamu memang berencana untuk pindah tempat tinggal yang dekat dengan lokasi perusahaan tempatmu bekerja,  pastikan pengeluaran tambahan tersebut dapat ditutupi oleh pendapatan yang kamu terima setiap bulan. Jangan sampaibpada praktiknya nanti kamu malah "gali lubang tutup lubang".

Semoga informasi di atas bermanfaat dan menjadi bahan masukan untukmu. Tetapi tentu ada hal-hal lain yang akan menjadi pertimbanganmu yang lebih detil saat kamu berusaha mencari pekerjaan. Sukses selalu untukmu.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline