Lihat ke Halaman Asli

Wahyu Barata

Marketing Perbankan

Seputar Penggunaan Alat Kontrasepsi

Diperbarui: 1 Februari 2020   00:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Untuk melakukan hubungan seks yang sehat perlu pendidikan untuk itu terutama untuk pasangan muda  yang baru menikah, agar terhindar dari penyakit dan kehamilan yang tak direncanakan. 

Untuk itu mungkin baik juga  dengan penggunaan alat kontrasepsi, tetapi harus berkonsultasi dulu dengan dokter atau bidan sehingga mendapat penjelasan mengenai hubungan seks yang sehat dan alat kontrasepsi yang  cocok untuk digunakan. Hingga menghasilkan keturunan yang sehat juga.

Alat kontrasepsi  yang cocok digunakan untuk masing-masing orang berbeda-beda. Ada yang cocok menggunakan spiral, IUD, pil KB, kondom. Yang jelas biar aman ya dikonsultasikan dulu dengan dokter atau bidan sebelum alat kontrasepsinya digunakan. Sebaiknya mengikuti anjuran dokter atau bidan.

Tetapi ada juga yang berpendapat penggunaan alat kontrasepsi lebih untuk ke kondisi darurat. Misalnya pasangan sahaya  ( suami atau istri) , mohon maaf, terkena penyakit kelamin, kalau ingin berhubungan intim harus pakai pengaman. Di luar kondisi darurat seperti ini dia tidak setuju dengan penggunaan alat kontrasepsi karena banyak mudharatnya buat pengguna tetapi menguntungkan buat pemilik industri alat kontrasepsi.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline