Lihat ke Halaman Asli

Wahyu Barata

Marketing Perbankan

Sejarah Awal Perkembangan Bahasa dan Sastra Indonesia

Diperbarui: 28 Desember 2019   23:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bahasa. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcstudio

Dari manakah asal Bangsa dan Bahasa Indonesia? Pada umumnya para ahli sejarah menyebutkan tanah air asli Bangsa Indonesia itu di Yunan, Cina Selatan, sebagian lagi mengatakan di Indo - Cina, Campa (sekarang Kamboja).  Dan Bahasa Melayu ( yang kemudian menjadi dasar Bahasa Indonesia) berasal dari Semenanjung, di utara Singapura. 

Bahasa Melayu tersebat ke mana-mana oleh Bangsa Melayu sebagai pedagang dari satu pulau ke pulau lain. Karena mudah dan bersahaja bentuknya, bahasa Melayu lama-lama berkembang dan dapat digunakan oleh suku-suku bangsa di kepulauan Nusantara.

Sejak zaman dulu kala bahasa Melayu dipandang sebagai bahasa yang pantas dan memasyarakat di Asia Tenggara, disebarkan oleh para pedagang dan para pembawa agama, sehingga digunakan di wilayah yang sangat luas dan tidak bisa dipisahkan dari perkembangan sejarah Bangsa Indonesia maupun bangsa-bangsa di Asia Tenggara. 

Dalam sejarah Bahasa Melayu pernah menjadi bahasa pusat perdagangan pada masa puncak kejayaan  kerajaan Sriwijaya dan kesultanan Malaka, bahkan tersebar di Nusantara sebagai bahasa perdagangan dan perhubungan (lingua franca).

Menurut para ahli sejarah bahasa,  Bahasa Indonesia termasuk ke dalam rumpun Bahasa Austronesia, yang digunakan masyarakat di kepulauan Indonesia,Melanesia, dan Polynesia. Pengguna Bahasa Austronesia meluas dari benua Asia ke Pulau Hawaii, dari Selamdia Baru sampai ke Formosa dan Madagaskar.

BAHASA AUSTRONESIA

A. Rumpun  Indonesia 
Bagian Barat

1). Bahasa Malagasi di Pulau Madagaskat.
2).Bahasa Formosa di sebagian Pulau Formosa.
3). Bahasa Philipina.
4). Bahasa Melayu di Semenanjung Malaka (yang telah banyak diketahui kesusastraannya sejak abad ke -16, kemudian menjadi bahasa perhubungan, dan hingga sekarang menjadi dasar bahasa Indonesia).
5).Bahasa Jawa (kesusastraannya sudah ada sejak abad ke-7).

Bagian Timur
Mulai dari Sumba sebelah timur Flores terus ke pulau-pulau Sula : menggunakan  bahasa Sawu, Solor, dan sebagainya.

B. Rumpun Oceania

Bahasa di pulau-pulau Australia
1). Bahasa Melanesia.
2). Bahasa Mikronesia.
3). Bahasa Polynesia."

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline