Lihat ke Halaman Asli

KIKIN MUTAKIN

Tulisan Kita Literasi Indonesia

Ekonomi Digital Versi Milenial

Diperbarui: 29 Desember 2020   10:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

www.jambi-independent.co.id

Dewasa ini perkembangan tekhnologi informasi khususnya di Indonesia kiat maju dengan pesat. Semakin tingginya populasi kalangan milenial di Indonesia semakin mempengaruhi terhadap tingkat penggunaan fasilitas tekhnologi informasi yang canggih atau sering disebut dalam konsep digital/digitalisasi. Keadaan seperti ini  dapat lambat laun dapat merubah tatanan kehidupan termasuk dalam aktivitas perekonomian.

Pengguna Layanan Digital di Indonesia

Berdasarkan data dari E-Marketer dalam sebuah hasil studi menggambarkan bahwa penggunaan fasilitas tekhnologi informasi (layanan digital) di Indoensia ditinjau dari dua segmen, yaitu segmen pengguna smartphone dan pengguna internet bahwa pada tahun 2019 sebanyak 92 juta jiwa sebagai pengguna smartphone dan 150 juta jiwa pengguna internet.

Jumlah pengguna smartphone dan internet pada tahun 2019 tersebut telah mengalami peningkatan signifikan dari tahun 2018 dengan jumlah 83 juta jiwa pengguna smartphone dan 133 juta jiwa pengguna internet. Bahkan dengan laju cepatnya perkembangan pengguna layanan digital, Indonesia pada tahun 2016 pernah meraih prestasi sebagai tempat terbaik bagi perkembangan industry e-commerce.

Seiring dengan lajunya tingkat pengguna layanan digital, hal ini tidak bisa dipisahkan dari minat kaum milenial Indonesia untuk melek digital. Dipercaya bahwa meningkatnya pengguna layanan digital dipengaruhi oleh jumlah milineal dari tahun ke tahun.

Milenial Indoensia

Teori generasi (generation theory) yang dikemukakan oleh Graeme Codrington & Sue Grant-Marshall bahwa dalam kurun waktu 100 tahun terakhir terdapat enam (6) kelompok generasi manusia, yaitu:

  • Kelompok Tradisonalis (1922-1945)
  • Kelompok Baby Boomers (1946-1964)
  • Kelompok Generasi X (1965-1980)
  • Kelompok Milenial (1981-1994)
  • Kelompok Generasi Z (1995-2010)
  • Kelompok Alpha (>2010)

Berdasarkan data pembagian kelompok generasi manusia di atas, secara sederhana milenial merupakan segmen penduduk kelahiran akhir tahun 1981-1994 atau dalam kisaran umur 25-40 tahun.

Namun demikian, dewasa ini komposisi kaum milenial tidak bisa dipisahkan dari Generasi Z bahkan Alpha. Jadi kelahiran tahun 1981 - >2010 merupakan kaum milenial dalam satu kesatuan penyebutan.

Di Indonesia sendiri berdasarkan Statistik Indonesia 2020 yang dikeluarkan oleh Badan Pusat Statistik setelah diolah oleh penulis berdasarkan kelompok umur, bahwa yang termasuk kaum milenial (milenial, generasi Z & Alpha) sebanyak 129,3 juta jiwa dengan jumlah laki-laki sebanyak 65,4 juta jiwa dan perempuan sebanyak 63,9 juta jiwa.

Konsep Digital dalam Perekonomian

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline