Lihat ke Halaman Asli

Kiki maulani

Guru Bahasa Inggris

Keep Spirit to be a Teacher

Diperbarui: 4 Desember 2022   22:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Teacher is Mine

What is teacher? Why I must to be a teacher. Dua kalimat tersebut selalu ada didalam hati dan pikiran saya dimana sebelum memutuskan untuk berprofesi sebagai seorang Guru, saya adalah seorang Banker dengan segudang kewajiban yang harus diselesaikan setiap harinya dan selalu menghadapi benda yang tak bersuara dan diajak berbicara hanya tumpukan berkas yang harus diselesaikan di depan benda. Benda tersebut adalah Komputer yang selalu dipelupuk mata dan menjadi teman yang paling setia, tidak perlu mengatur hanya cukup kita yang mengatur sesuai yang kita inginkan. 

Namun sekarang profesi saya adalah seorang Guru Bahasa Inggris yang di mulai pada tahun 2016, banyak rintangan dan tantangan yang saya hadapi yaitu memahami kurikulum, model, metode, media pembelajaran dan beradapatasi dengan siswa yang hakikatnya adalah benda hidup merupakan hal yang sangat sulit saya pahami, dimana saya harus menambah literasi dan belajar memahami berbagai macam karakter siswa yang baru saya kenal selain itu, siswa yang terbatas akan kemampuan Bahasa Inggris membuat saya gigih dalam mencari metode dan model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa saya. Siswa yang mampu memahami materi yang saya sampaikan menjadi kepuasan dan kebahagiaan tersendiri bagi saya. Dimana menurut "Atmaka (2004:17) Pendidik merupakan orang dewasa yang bertanggung jawab memberikan pertolongan kepada anak didik dalam perkembangan baik jasmani maupun rohaninya".

          Sudah Tujuh tahun saya berprofesi sebagai seorang Guru Bahasa Inggris, banyak pengalaman dan pembelajaran hidup bagi saya. Dan di tahun ke Tujuh ini pun saya mendapatkan kesempatan mengikuti PPG Daljab Kategori Dua Jurusan Bahasa Inggris, LPTK Universitas Jambi dimana ini merupakan kesempatan yang saya tunggu beberapa tahun terakhir. Mengikuti kegiatan ini bukanlah hal yang mudah, salah satunya adalah mengikuti seleksi yang sangat ketat terlebih dahulu dan Alhamdulillah saya diberikan rezeki dan kesempatan. Adapun kegiatan PPG yang saya lalui diantaranya :

  1. Pendalaman Materi
  2. Pengembangan Perangkat Pembelajaran
  3. Uji Komprehensif
  4. Praktik Pengalaman Lapangan
  5. Uji Kinerja (UKIN)
  6. Uji Pengetahuan (UP)

Dengan melalui kegiatan PPG ini dapat menjadikan kita Guru yang professional, kreatif, kompetitif dan inovatif sehingga siswa dapat mengikuti proses pembelajaran dengan menyenangkan dan siswapun akan mudah menangkap dan memahami materi yang disampaikan. Guru yang berhasil dalam mengikuti kegiatan PPG ini akan dibuktikan dengan mendapatkan Sertifikat Pendidik yang merupakan harapan dan cita-cita kami sebagai seorang Guru. Semoga harapan kami untuk menjadi Guru yang professional akan diberikan kelancaran sampai tahap akhir nanti. Aamiin.

Bagi para pembaca yang berprofesi sebagai seorang Guru teruslah bersemangat untuk memajukan anak-anak bangsa dan milikilah semangat sekeras batu . Hidup Guru Indonesia...!!!




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline