Lihat ke Halaman Asli

Kiki Ananda

Student of nursing

Pneumonia Sudah Pasti Covid-19?

Diperbarui: 2 Februari 2021   22:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Sebenarnya apa sih PNEUMONI itu? Lalu apa keterkaitan pneumoni dengan Covid-19? Apakah penyakit tersebut dapat ditularkan? Mungkin sebagian orang masih belum familiar tentang penyakit pneumonia ini. Penyakit ini bisa menyerang siapa saja. Bukan hanya perokok aktif saja, lansia diatas 65 tahun dan anak-anak di bawah 2 tahun lebih rentan terkena pneumonia.

Pneumoni adalah jenis penyakit infeksi saluran pernafasan akut(ISPA), infeksi akut yang menyerang alveoli. Pneumonia merupakan penyakit menular, dengan terkena percikan cairan pernapasan saat penderita batuk, bersin,atau bernapas. Penyakit ini bisa mengenai siapa saja, tidak hanya perokok aktif. Bahkan balita bisa terkena pneumonia. Pada kelompok usia lanjut lebih beresiko tinggi terkena penyakit ini. Karena kita ketahui bahwa seiring bertambahnya usia maka imun seseorang akan menurun.

PENYEBAB PNEUMONIA

Kita ketahui bahwa penyakit tersebut dapat menular dengan mudah, karena pneumonia ini dapat disebabkan oleh bakteri, virus maupun jamur. Bagaimana penjelasannya?

Bakteri : Streptococcus pneumoniae, Haemophilus influenzae, Chlamydia pneumoniae, dan Legionella pneumophila merupakan bakteri yang dapat menyebabkan penyakit pneumonia.

Virus : Penyakit pneumonia juga bisa disebabkan oleh virus diantaranya adalah virus influenza dan respiratiry syncytial virus (RSV).

Jamur : Ada beberapa jenis jamur seperti Histoplasma capsulatum, Coccidioides immitis, Blastomyces dermatitidis, Paracoccidioides brasiliensis dan apabila terhirup dapat menimbulkan penyakit pneumonia.

GEJALA PENYAKIT PNEUMONIA

Ada beberapa gejala dari penyakit tersebut antara lain :

  • Batuk berdahak
  • Demam
  • Berkeringat
  • Sakit kepala
  • Mual dan muntah
  • Hilangnya selera makan
  • Sesak napas yang timbul saat melakukan aktivitas
  • Dada sakit ketika batuk

Penderita penyakit pneumonia bisa mengalami gejala yang berbeda tergantung dari usia dan riwayat penyakit yang pernah diderita.

LALU APA KETERKAITAN ORANG DENGAN PNEUMONI DAN COVID-19 ini??

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline