Lihat ke Halaman Asli

Komunikasi Internasional : Media Global

Diperbarui: 13 November 2018   01:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Media. Sumber ilustrasi: PIXABAY/Free-photos

Komunikasi internasional merupakan komunikasi yang dilakukan oleh komunikator yang diwakili dari berbagai negara guna untuk menyampaikan pesan atau informasi yang berkaitan dengan kepentingan suatu negara tersebut yang akan disampaikan kepada komunikan dari negara lain. 

Komunikasi internasional fokus kepada seluruh proses penyampaian informasi yang dilakukan melalui batas-batas negara. Komunikasi internasional berfungsi sebagai hubungan internasional yang menjalin antara dua negara atau lebih mengenai berbagai bidang. 

Selain itu fungsi komunikasi internasional adalah sebagai upaya mencapai suatu tujuan mengenai hubungan internasional dari suatu negara dan juga meningkatkan kerjasama dalam cangkupan internasional yang dapat dijalin dengan berbagai negara diseluruh penjuru dunia. 

Terdapat berbagai pendekatan dalam komunikasi internasional salah satunya adalah melalui pendekatan media. Adapun media dalam komunikasi internasional masuk ke ranah media global yang perkembangannya didorong karena adanya globalisasi.

Saat ini telah memasuki era globalisasi, dimana dunia mengalami kemajuan yang sangat pesat. Seiring masuknya era globalisasi ini, sangat mempengaruhi berkembangnya berbagai teknologi salah satunya ialah teknologi informasi. 

Adanya era globalisasi ini menyebabkan cepatnya proses penyebaran informasi di seluruh penjuru dunia. Dampaknya menjadikan dunia semakin sempit karena mudahnya mengakses informasi. Terdapat beberapa aspek yang terkena efek globalisasi salah satunya yaitu timbulnya media global. 

Media merupakan segala bentuk saluran yang digunakan yang berguna untuk menyampaikan suatu informasi atau pesan kepada khalayak. Sedangkan global merupakan sesuatu yang meliputi seluruh dunia. Jadi yang dimaksud dengan media global adalah sistem media informasi yang berhasil menembus ranah internsional atau global.

Setiap masyarakat akan berusaha mendapatkan informasi mengenai segala aspek, dengan media global kebutuhan masyarakat mengenai informasi akan sangat terbantu. Kehadiran media global dapat menjadikan sarana publisitas informasi dari berbagai negara. 

Media global akan memberikan kekuatan tersendiri untuk negara, media global dapat menjalin kerjasama dengan berbagai negara yang akan sangat menguntungkan bagi kedua belah pihak negara. Setiap negara dapat mengakses informasi mengenai negara lain dengan biaya yang relatif ringan.

Adanya media global berawal dari sebelum tahun 1990-an, saat itu sistem media didominan oleh radio, televisi dan koran. Pada masa itu terdapat pasar impor yang utama untuk digunakan sebagai acara televisi, film dan juga buku yang dimiliki oleh negara Amerika. 

Seiring berjalannya waktu, sistem media mengalami pertumbuhan yang sangat pesat hal tersebut dibantu dengan adanya dorongan globalisasi dan kemajuan teknologi informasi. Pada awalnya media hanya pada ranah nasional tetapi seiring perkembangan teknologi, media melesat ke ranah internasional atau global. Saat itu media global didominasi oleh negara Amerika. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline