Lihat ke Halaman Asli

KIDUNG NAWANG

kehidupan penuh dengan cerita

Angka 13, Angka si Pembawa Sial

Diperbarui: 18 Oktober 2017   10:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Banyak orang beranggapan bahwa angka 13 adalahpembawa sial, kenapa? Mungkin adalah bagian dari tahayul, karena sebenarnya baik tanggal maupun hari itu semuanya tidaak ada yang buruk semuanya itu baik. Karena baik dan buruk bukanlah kewenangan kita yang untuk menilainya.

Suka terbayang oleh saya ada seorang siswa baru dia mendapatkan nomor absen 13 apakah lalu dia akan tinggal kelas ? seorang siswa kalau mau naik kelas yang menetukan itu bukan karena nomor absen akan tetapi dari tingkta kerajinan dari siswa tersebut. Atau sorang karyawan baru di sebuah perusahaan, biasanya di perusahaan juga ada nomor induknya juga kan, kebetulan si karyawan baru ini juga mendapat nomor induk yang berakhiran 13, apakah karir si karyawan ini dipengaruhi oleh nomor induknya ? bukan karirsi karywan sangat dipengaruhi oleh tingkat kerajinan si karyawan tersebut.

Suka membayangkan ketika ada pasangan suami istri, yang kebetulan istrinya sedang mengandung. Ketika melahirkan kebetulan tanggal kelahiran putra atau putri mereka adalah tanggal 13 apakah pasangan ini harus menitipkan ke panti asuhan atau yang lebih parah adalah mebuang anaknya, kan tidak mungkin dan juga tidak diperbolehkan karena anak itu adalah titipan Tuhan yang harus kita jaga dan kita didik.

Banyak sekali orang menyebutkan bahwa angka 13 ini adalah pembawa sial,seakan akan angka 13 ini adalah momok yang sangat mengerikan sama mengerikannya seperti ketika kita tahu bahwa besok akan tinggal kelas. Saran dari saya kalau misalkan kebetulan mendapatkan angka 13 jangan langsung dianggap bahwa itu jelek, karena jelek atau bagusnya sesuatu bukanlah kewengan kita sebagai  manusia akan tetapi wewenang dari Tuhan YME, lebih kita jalani saja seperti biasa karena semua angka sebenarnya hanyalah ciri agar kita mudah untuk mengingatnya.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline