Pandemi Covid-19 telah berakhir dan masyarakat telah memasuki era dimana menuju ke arah dunia yang baru atau disebut new normal. Masyarakat dapat menjalankan aktivitasnya kembali namun harus tetap menjalankan protokol kesehatan. Meskipun pemerintah telah memberlakukan aturan bebas masker, namun kita harus tetap patuh dan menjalankan protokol kesehatan agar menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.
Sektor pariwisata dan perhotelan merupakan salah satu yang merasakan dampak dari pandemi Covid-19 beberapa waktu silam dikarenakan adanya pembatasan sosial serta ketentuan untuk tetap berada di rumah. Pada era new normal ini, protokol kesehatan di hotel harus tetap dijalankan dengan mengutamakan kebersihan serta kesehatan. Pihak hotel juga harus menjalankan protokol kesehatan dengan menerapkan Standard Operating Procedure (SOP). SOP tersebut harus menentukan jumlah serta membatasi banyaknya orang di setiap area hotel seperti lobi hotel, restoran, gym, kolam renang. Pihak hotel juga harus menyediakan tempat cuci tangan atau hand sanitizer. Selain itu, seluruh karyawan hotel juga wajib menggunakan masker atau face shield. Tidak hanya karyawan hotel, namun para tamu hotel juga harus menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker serta menjaga jarak satu sama lain.
Mengapa sangat penting untuk menerapkan protokol kesehatan di hotel? Karena sebagai industri yang termasuk dalam kategori pelayanan dan jasa, pihak hotel wajib memberikan pelayanan yang terbaik dengan tamu sebagai prioritas utama. Semua itu dilakukan untuk menciptakan pelayanan yang aman dan nyaman.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H