Lihat ke Halaman Asli

Balikpapan, Semua Anak Berhak untuk Sekolah

Diperbarui: 25 Juni 2015   03:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Besok, tepatnya Sabtu tanggal 16 Juni 2012 akan diumumkan kelulusan untuk peserta didik Sekolah Dasar. Bagi orang tua murid, setelah kelulusan putra putrinya pasti mencari sekolah terbaik untuk pendidikan putra putrinya. Ada beberapa sekolah yang sudah membuka pendaftaran ada juga yang serentak. Khususnya bagi sekolah negeri.

Di Balikpapan sendiri, Penerimaan Peserta Didik Baru non RSBI akan diselenggarakan tiga kali. Pertama untuk PPDB Jalur Gakin, selanjutnya PPDB Jalur Bina Lingkungan dan yang terakhir Jalur Reguler.

PPDB Gakin adalah penerimaan peserta didik baru bagi mereka yang memiliki kartu gakin (keluarga miskin). Kartu yang dikeluarkan oleh pemerintah kota Balikpapan. Mereka diberi kesempatan untuk mendaftar terlebih dahulu pada tanggal 18 s.d. 20 Juni 2012, dan akan diumumkan pada tanggal 22 Juni 2012.

Sedangkan PPDB Bina Lingkungan, pendaftaran akan dimulai pada tanggal 21 s.d. 23 Juni 2012. PPDB ini ditujukan untuk mereka yang berdomisili di sekitar sekolah. Mereka diprioritaskan untuk mendaftar. Selain itu, bagi mereka penduduk kota Balikpapan yang berprestasi tingkat Kota hingga Internasional, mereka akan memperoleh poin lebih dan bisa mendaftar bersamaan dengan jalur Bina Lingkungan ini. Tentu saja, hanya lomba-lomba yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan Nasional/Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Pemuda dan Olahraga, Kementerian Agama, Komite Olahraga Nasional Indonesia serta induk organisasi cabang olahraga yang diperoleh maksimal 3 (tiga) tahun terakhir. Yang pasti, piagam yang diperoleh harus yang berjenjang, dan yang diakui adalah penghargaan yang tertinggi. Peserta Didik yang diterima lewat jalur bina lingkungan ini akan diumumkan pada tanggal 25 Juni 2012.

Jika lewat kedua jalur itu, Peserta Didik tidak lolos, ada PPDB Reguler. PPDB ini diperuntukkan juga bagi pendaftar dari luar daerah baik yang berprestasi maupun yang tidak. Pendaftaran akan diselenggarakan pada tanggal 26 s.d. 28 Juni 2012 dan pengumumannya pada tanggal 30 Juni 2012.

Pemerintah Kota Balikpapan berusaha agar semua anak bisa bersekolah. Ini terbukti dari Peraturan Walikota Nomor 14 Tahun 2012 tentang PPDB Tahun Pelajaran 2012/2013, bagi peserta didik dari keluarga miskin yang tidak diterima di sekolah negeri, akan mendapatkan bantuan dalam bentuk dana partisipasi untuk mereka. Bantuan ini untuk membantu mereka membayar uang pangkal yang biasa terjadi di sekolah swasta. Untuk per peserta didik yang akan masuk SD/MI akan mendapatkan Rp. 500.000,- (lima ratus ribu rupiah), SMP/MTs sebesar Rp. 800.000,- (delapan ratus ribu rupiah), SMA/MA sebesar Rp. 1.000.000,- (satu juta rupiah) dan untuk yang masuk SMK mendapatkan Rp. 1.500.000,- (satu juta lima ratus ribu rupiah).

Selain itu, jika peserta didik dari keluarga miskin ini masuk sekolah swasta, maka setiap bulannya, per siswa akan mendapatkan subsidi biaya pendidikan yang akan diberikan ke sekolah yaitu untuk tingkat SD/MI sebesar Rp. 30.000,- (tiga puluh ribu rupiah), SMP/MTs sebesar Rp. 50.000,- (lima puluh ribu rupiah), SMA/MA sebesar Rp. 60.000,- (enam puluh ribu rupiah), dan SMK sebesar Rp. 80.000,- (delapan puluh ribu rupiah).

Untuk biaya pendaftaran sendiri dibebankan kepada Pemerintah Kota Balikpapan, jadi tidak boleh memungut dari calon peserta didik baru. Jadi tidak ada alasan ada anak putus sekolah di Kota Balikpapan.

15062012

#sebagai informasi bagi orangtua khususnya yang berada di kota Balikpapan




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline