Lihat ke Halaman Asli

Pengalaman Baik Mengikuti Asistensi Mengajar SMK PGRI Turen

Diperbarui: 28 Mei 2023   11:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto mahasiswa asistensi mengajar SMK PGRI Turen

Asistensi Mengajar adalah salah satu program Merdeka Belajar Kampus Mengajar (MBKM) di Universitas Negeri Malang. Program ini dilaksanakan dalam rangka menyiapkan kemampuan mahasiswa dengan melaksanakan kegiatan akademik yang biasanya disebut Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Kegiatan Asistensi Mengajar bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa yang memiliki minat dalam bidang pendidikan untuk turut serta terjun ke lapangan untuk memperdalam ilmunya dengan cara menjadi pendamping guru di sekolah serta mendukung pemerataan kualitas pendidikan serta relevansi pendidikan dasar dalam menunjang perkembangan IPTEK. Bentuk kegiatan pembelajaran ini dilakukan mahasiswa secara kolaboratif dibawah bimbingan dosen pembimbing di satuan pendidikan formal. Di Universitas Negeri Malang pendaftaran Asistensi Mengajar dibuka setiap semesternya. Untuk Fakultas Ekonomi program Asistensi Mengajar diadakan di semester 6.

Perkenalkan saya adalah Khusnul Khotimah mahasiswa Prodi S1-Pendidikan Akuntansi Angkatan 2020 di Universitas Negeri Malang. Saya adalah mahasiswa jurusan akuntansi yang sudah melaksanakan kegiatan Asistensi Mengajar di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Pelaksanaan kegiatan Asistensi Mengajar berada di SMK PGRI Turen. yang terletak di Jl. Salak gang 1 Turen Malang. Aktivitas Asistensi Mengajar ini dilaksanakan selama 1 semester dengan mengonversi 20 SKS dengan waku pelaksanaan 20 minggu. Mahasiswa yang ditempatkan di sekolah ini berasal dari beberapa jurusan. Kegiatan Asistensi Mengajar di SMK PGRI Turen di mulai pada tanggal 6 februari dan akan berakhir pada tanggal 24 juni 2023. Kegiatan ini dimulai dengan tahap perencanaan kegiatan, pelaksanaan kegiatan, diseminasi hasil kegiatan, dan pembuatan laporan. Pada tahap perencanaan, mahasiswa melakukan observasi ke sekolah untuk bertemu kepala sekolah dan koordinator Asistensi Mengajar. Kemudian kami diberikan arahan mengenai peraturan dan penugasan, serta hal-hal yang berkaitan dengan SMK PGRI Turen. Di minggu kedua, melaksanakan kegiatan Focus Group Discussion (FGD). 

Dalam kegiatan ini kami merancangan beberapa program kerja diantaranya melakukan Seminar pengabdian masyarakat pembuatan Curriculum Vitae dan surat lamaran kerja, revitalisasi Bank Mini, Bisnis pemasaran digital, bimbingan konseling online, Class meeting, dan pembuatan profil sekolah sekaligus promosi PPDB SMK PGRI Turen. Di tahap pelaksaan, kegiatan yang kami lakukan selama Asistensi Mengajar di sekolah yaitu meliputi kegiatan akademik seperti melakukan kegiatan belajar mengajar di kelas, memberikan penugasan dan penilaian kepada siswa, serta membuat media pembelajaran disertai pembuatan perangkat RPP dan silabus. Untuk kegiatan non-akademik yaitu melaksanakan piket, pendampingan ekstrakulikuler, pramuka, pendampingan budaya literasi, penataan perpustakaan. Dalam kegiatan administrasi sekolahikut berpartisipasi dalam pengelolaan bank mini di sekolah. Banyak pelajaran yang dapat di petik selama kegiatan Asistensi Mengajar seperti merasakan bagaimana kehidupan seorang guru yang sebenarnya serta menjadi tenaga pendidik yang profesional. Kemudian dapat memperluas pengetahuan dan menambah wawasan mahasiswa tentang kegiatan akademik, non akademik dan administrasi di sekolah. 

Dengan adanya kegiatan asistensi mengajar, mahasiswa merasakan secara langsung lingkup kerjanya sehingga dapat menjadi pengalaman lapangan yang dapat dijadikan pelajaran saat terjun pasca kuliah nanti. Dari kegiatan Asistensi Mengajar ini berbagai pengalaman yang didapatkan antara lain kerja sama, tanggungjawab, kedisiplinan memanajemen diri, manajemen waktu, hubungan sosial, kepribadian, serta cara pandang terhadap suatu masalah dan penyelesaiannya. Selain itu, program Asistensi Mengajar membuka jalur bagi mahasiswa untuk menjalin relasi dengan guru dan siswa di SMK PGRI Turen sehingga kedepannya dapat terus berkomunikasi baik dalam dunia kerja maupun diluar dunia kerja sehingga dapat menyambung tali silaturahmi, Diharapkan dari pelaksanaan program ini dapat memberikan manfaat baik untuk mahasiswa asistensi, pihak sekolah, maupun pihak universitas.

Author : Khusnul Khotimah

NIM : 200421622092




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline