Lihat ke Halaman Asli

Belajar Materi Kewirausahaan Lebih Menyenangkan melalui Papan Permainan PREGA

Diperbarui: 18 Agustus 2024   21:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: Dokumentasi Pribadi 

MALANG, um.ac.id-Mahasiswa PPG Prajabatan Universitas Negeri Malang melalui Hibah Penelitian skema Inovasi Mahasiswa melaksanakan uji coba penggunaan papan permainan PREGA di SMP Negeri 2 Malang, Rabu (21/8/2024). Kegiatan ujicoba dilaksanakan oleh peserta didik kelas VII B SMP Negeri 2 Malang. Selain melakukan kegiatan uji coba pada peserta didik, tim peneliti juga melakukan ujicoba pada praktisi yaitu Ibu Sri Mulyati, M.Pd.

Khusnul Khotimah selaku tim pengembang papan permainan PREGA menjelaskan, bahwa papan permainan PREGA digunakan oleh peserta didik kelas VII untuk menambah pemahaman mereka terkait materi "Peran Kewirausahaan dalam Perkembangan Ekonomi di Indonesia".

Sumber: Dokumentasi Pribadi

"Papan permainan PREGA memiliki sembilan komponen, yaitu papan monopoli, kartu pertanyaan, kartu tantangan, kartu aset, pion, dadu, koin, aset, dan buku panduan. Pada papan monopoli PREGA terdapat aset franchise yang dapat dimiliki oleh peserta didik melalui proses jual beli. Koin menjadi alat tukar dalam permainan ini. Selain itu, permainan ini juga di dukung dengan kartu pertanyaan yang di dalamnya terdapat berbagai pertanyaan berkaitan dengan materi, kartu tantangan yang didalamnya terdapat beragam tantangan yang berkaitan dengan kewirausahaan, serta kartu aset sebagai tanda kepemilikan aset bagi peserta didik. Untuk membantu peserta didik dalam menggunakan papan permainan PREGA, pembimbing memberikan buku panduan yang telah dilengkapi dengan capaian pembelajaran dan alur tujuan pembelajaran, jawaban kartu pertanyaan, petunjuk pelaksanaan kartu tantangan, dan rekap kartu aset."

Sumber: Dokumentasi Pribadi

Ibu Sri Mulyati, M.Pd selaku guru mata pelajaran IPS di SMP Negeri 2 Malang menambahkan, bahwa media pembelajaran ini sangat kreatif dan menyenangkan buat belajar siswa. "Semangat! Selalu kreatif dan inovasi baru dalam pembelajaran harus lebih bagus lagi!" ucapnya.

Sementara itu, sebelum kegiatan uji coba dilaksanakan tepatnya pada tanggal 16 Agustus 2024 Dr. Cinde Ririh Windasu, S.E., M.M selaku validator materi dan Neni Wahyuningtyas, M.Pd selaku validator media pembelajaran menilai dan memberikan Kesimpulan bahwa media PREGA  layak untuk diujicobakan.

Terakhir, pengembangan media PREGA memiliki tujuan jangka pendek dan jangka Panjang. Tujuan jangka pendek pengembangan media pembelajaran PREGA yaitu diharapkan peserta didik dapat lebih memahami materi "Peran Kewirausahaan dalam Perkembangan Ekonomi di Indonesia". Sementara itu, pengembangan PREGA juga memiliki tujuan jangka Panjang yaitu meningkatkan minat peserta didik untuk menjadi seorang wirausahawan. Sehingga, diharapkan pengembangan media PREGA tidak hanya berdampak pada masa sekarang, namun juga pada masa yang akan datang.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline