Lihat ke Halaman Asli

Khusnul Kholifah

Ibu dan Pendidik

JNE 33 Tahun: Koneksikan Kebahagiaan dari Kepuasan Pelanggan hingga Kepedulian Sosial

Diperbarui: 30 Juni 2024   16:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

JNE Trucking (JTR) usai mengantar paket ke rumah | Dokumentasi pribadi

Seiring naiknya tren belanja online, sektor ekspedisi kian "bersemi" di negeri ini. Belanja tanpa tatap muka rupa-rupanya kian diminati hingga berpengaruh pula pada naiknya kebutuhan logistik. Akibatnya, semakin menjamur penyedia jasa pengiriman dari waktu ke waktu.

Perubahan gaya belanja masyarakat masa kini menjadikan jasa ekspedisi bukan hanya dikenal oleh pelaku bisnis online semata. Mayoritas masyarakat menggunakan jasa kurir untuk mengirimkan barang yang dibeli dari lokapasar (online marketplace).

Hal demikian dibuktikan dari laporan statistik e-commerce 2022/2023 dari Badan Pusat Statistik, jumlah pengguna e-commerce di Indonesia mencapai 178,94 juta orang pada 2022.

Pesatnya perkembangan industri e-commerce tanah air turut memicu persaingan semakin ketat dengan start up pengiriman online atau berbasis aplikasi yang menawarkan layanan serupa.

Di tengah persaingan jasa ekspedisi yang kian menggebu, masing-masing perusahaan jasa pengiriman barang pun menempuh strategi jitu untuk menarik perhatian pelanggan.

Adapun di lapangan, beberapa perusahaan jasa ekspedisi tersebut telah mengupayakan strategi "khusus" seperti mengedepankan jangkauan lokasi, ketepatan waktu pengiriman, jaminan keamanan, customer service dan pelayanan informasi yang terbuka, hingga layanan jemput barang. Hal demikian sebagai salah satu cara atau strategi yang optimal untuk mencapai kepuasan pelanggan.

Adalah JNE (Jalur Nugraha Ekakurir), sebuah perusahaan logistik nasional sekaligus sebagai perusahaan ekspedisi barang terbesar di Indonesia yang memiliki komitmen untuk terus berkontribusi nyata selama 33 tahun terhadap kemajuan perekonomian tanah air.

Adapun wujud kontribusinya yakni memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan sekaligus mendukung kemajuan UMKM melalui berbagai program.

Tidak hanya terfokus pada kepuasan pelanggan, JNE menjangkau ranah yang lebih luas seperti di bidang kemanusiaan, kesehatan, lingkungan hidup, dan pendidikan. Pada bidang kemanusiaan misalnya, JNE menaruh perhatian sebagai wujud kepedulian sosial terhadap anak yatim, fakir miskin, korban bencana, dan sebagainya.

Maka, tidak heran di tahun 2024 yang baru separuh tahun ini JNE telah menerima berbagai penghargaan diantaranya (1) Indonesia Best 50 CSR Brand Equity Awards 2024 kategori courier service, (2) Program pengiriman 1 juta Al-Qur'an, (3) Best 50 CEO Awards 2024 in Courier Category, (4) Penghargaan UMKM Summit 2024, (5) Penghargaan kolaborasi Palestina dan Tokoh pemberdayaan, (6) Shopee Super Award 2023 kategori super logistic partner, (7) Indonesia 20 Best Companies kategori courier service, (8) Indonesia Public relations award 2024 "Best Public Relation in Expanding Logistic Service Through Strategic Collaboration" kategori logistic and courier, (9) Indonesia  Brand Champion 2024, dan (10) Top Digital PR award platinum.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline