Lihat ke Halaman Asli

Karya Ilmiah (Penelitian Tindakan Kelas)

Diperbarui: 2 Januari 2017   21:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

PENINGKATAN HASIL BELAJAR AL-QUR’AN HADIS MATERI MEMAHAMI ISI KANDUNGAN QS. AL-QARI’AH DAN AL-ZALZALAH TENTANG HUKUM FENOMENA ALAM

MELALUI MODEL PEMBELAJARAN  INDEX CARD MATCH PADA SISWA KELAS IX A MTS NEGERI KEDU TEMANGGUNG 

ABSTRAK

Khusnaini Fauzi

(Guru MTs Negeri Kedu. Email : fafa_bet@yahoo.com)

Hasil belajar al-Qur’an Hadis rendah, yaitu persentase ketuntasannya hanya mencapai 25%. Peneliti memilih model pembelajaran kooperatif tipe index card match sebagai salah satu solusinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar al-Qur’an Hadis materi memahami isi kandungan QS. al-Qari’ah dan al-Zalzalah tentang hukum fenomena alam pada siswa kelas IX A MTs Negeri Kedu.           

Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan masing-masing siklus terdiri atas tiga pertemuan. Siklus 1 menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe index card match dimana siswa belum dibagi dalam kelompok, ternyata siswa sudah merasa tertarik namun hasil belum maksimal. Setelah hasil refleksi di siklus 1, maka model pembelajaran index card match di siklus 2 dikemas dalam dua kelompok yang setiap kelompoknya terdiri dari 14 siswa dengan materi yang sama. Sumber data berasal dari hasil observasi guru dan siswa, wawancara dengan siswa, serta hasil tes (pre tes maupun pos tes).

Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa berupa rata-rata kelas siswa sebesar 11,79 dari 66,07 pada siklus 1 menjadi 77,86 pada siklus 2. Selain itu juga terjadi peningkatan hasil ketuntasan belajar siswa sebesar 33% dari 46% pada siklus 1 menjadi 79% pada siklus 2.

KataKunci : Hasil belajar, model pembelajaran kooperatif tipe index card match

THE IMPROVEMENT OF LEARNING RESULT OF AL-QUR’AN HADIS

TO UNDERSTAND THE CONTENTS OF THE WOMB QS. AL-QARI’AH DAN

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline