Lihat ke Halaman Asli

Seberapa Pentingkah Pendidikan Kewarganegaraan Itu? Cari Tahu Yuk!

Diperbarui: 6 Maret 2023   21:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Perkembangan zaman sangat lah cepat mengalami perubahan dimana pada era globalisasi ini membuat tatanan kehidupan, termasuk perilaku warga negara, ikut mengalami perubahan. 

Nah pendidikan kewarganegaraan ini sangat lah penting diberikan kepada setiap warga negara terutama kepada generasi-generasi milenial agar mencegah prilaku-prilaku negatif akibat perkembangan zaman tersebut. Pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan ini bahkan dituangkan dalam Pasal 35 Ayat 3 UU Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi. Dimana dalam ayat tersebut. Terutama juga sangat penting bagi perguruan tinggi dimana pendidikan kewarganegaraan ini menjadi mata kuliah yang wajib diambil oleh para mahasiswa. 

Negara sangat perlu menyelenggarakan pendidikan kewarganegaraan ini dimana didalamnya mengajarkan sikap saling menghargai keberagaman, partisipasi dalam politik, hak dan kewajiban sebagai warga negara dan juga mengenai sistem pemerintahan dan peraturan yang berlaku.

Poin-poin penting dalam pendidikan kewarganegaraan ini dinilai dapat membentuk warga negara mampu berpikir kritis. Dengan begitu pula akan terciptanya masyarakat yang berdaya sain dan berpartisipasi aktif dalam mewujudkan tujuan nasional seperti yang tertuang dalam pembukaan UUD 1945.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline