Lihat ke Halaman Asli

Ang Tek Khun

TERVERIFIKASI

Content Strategist

Budaya Korea, Drama Korea, dan Saya di Tengah Hallyu

Diperbarui: 19 November 2024   18:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto adegan Drama Korea (Drakor) Queen of Tears (Sumber: IMDb)

Drama Korea (Drakor) bersama K-Pop atau Korean Pop, yakni subgenre musik pop asal Korea Selatan, menjadi bagian dari gelombang budaya Korea (Korean Wave) yang mendunia.

Kehadirannya di berbagai negara, termasuk Indonesia, memikat anak-anak muda semenjak Generasi Milenial hingga tumbuh dan dewasanya Generasi Z.

Penetrasinya kian masif seiring pesatnya perkembangan teknologi digital (baca: platform streaming) yang memberikan kemudahan bagi pengguna untuk menonton atau mendengarkan konten melalui internet.

Budaya Korea Selatan dan Warga Indonesia

Fenomena hallyu atau gelombang Korea ini, bukan sekadar tren sesaat yang tak terukur. Berbagai data mengukuhkan eksistensi ini, misalnya melalui unjuk Drakor dan K-Pop.

Korean Wave ini kembali dikukuhkan melalui survei yang dilansir laman web The Ministry of Culture, Sports and Tourism (MCST) Korea. Survei berlangsung 10-30 November 2023 dan dirilis pada April 2024.

Respondennya menyasar 25.000 orang yang telah merasakan konten budaya Korea di 26 negara, termasuk Indonesia.

Terdapat 11 ranah produk atau karya budaya Korea yang disurvei, yakni drama, acara hiburan, film, musik, animasi, penerbitan, webtoon, game, mode, kecantikan, dan makanan.

Kesukaan pada Budaya Korea Selatan

Dalam survei, terdapat pertanyaan apakah mereka menyukai konten budaya Korea yang terpapar pada mereka. Hasilnya, Indonesia menempati urutan pertama (86,3%).

ang-tek-khun-infografik-kesukaan-pada-budaya-korea-selatan-di-berbagai-negara-673c74b0ed64150d2c4fc432.jpg

Infografik Kesukaan pada Budaya Korea Selatan di Berbagai Negara (atkhun)

Negara-negara dengan tingkat kesukaan tertinggi selain Indonesia adalah India (84,5%), Thailand dan Uni Emirat Arab (83,0%), serta Vietnam (82,9%).

Konsumsi Konten Budaya Korea Selatan

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline