Lihat ke Halaman Asli

Ang Tek Khun

TERVERIFIKASI

Content Strategist

Komitmen PT GNI dalam Mendorong Keselamatan Kerja

Diperbarui: 22 Desember 2023   19:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi (image: pixabay)

Smelter adalah tulang punggung hilirisasi. Untuk mencapai hasil optimal, butuh SDM handal yang terproteksi prosedur keamanan kerja. Informasi PT GNI memberitahu kita bagaimana regulasi keamanan kerja di PT GNI diterapkan dalam industri ini.

INDONESIA jelang Bonus Demografi sedang merajut impian emas untuk lepas landas diri dari belitan middle income trap. Jebakan pendapatan kelas menengah ini adalah istilah yang kerap kita dengar saat seseorang membicarakan tentang kondisi perekonomian nasional.

Istilah ini merujuk pada kondisi tatkala sebuah negara telah berada pada tingkat pendapatan menengah. Namun, level tersebut bukanlah berita baik bila negara tersebut terjebak dengan status ini tanpa mampu naik menjadi negara maju.

Kelas menengah ini masih juga terbagi dalam dua level, yaitu negara dengan penghasilan menengah atas atau upper middle income country dan negara dengan penghasilan menengah ke bawah atau lower middle income country.

Indonesia pernah mencicipi status sebagai "negara berpenghasilan menengah atas", sebelum Bank Dunia (World Bank) pada 1 Juli 2021 menurunkan status Indonesia menjadi negara berpenghasilan menengah ke bawah.

Smelter PT GNI (gunbusternickelindustry.com)

Sekilas Hilirisasi dan Smelter

Dalam berbagai kesempatan Presiden Joko Widodo secara berulang kali mengemukakan istilah "hilirisasi" dan memberi penekanan khusus dikaitkan dengan datangnya Bonus Demografi dan impian akan generasi Indonesia Emas.

Apakah hilirisasi itu? Dalam bahasa sederhana, hilirisasi dapat dikalimatkan sebagai mengolah bahan mentah, dalam konteks ini hasil pertambangan, menjadi bahan atau produk yang jauh lebih bernilai tambah.

Menjual produk yang belum diolah adalah sebuah kerugian apabila dibandingkan nilai berkali lipat jika telah diolah. Namun, tidak dapat dipungkiri untuk mengolah hasil tambang memang membutuhkan smelter.

Lalu, apakah smelter itu? Smelter adalah sebuah fasilitas yang harus ada untuk mengolah hasil tambang. Fasilitas ini mengolah hasil produksi tambang demikian rupa sehingga hasil tambang tersebut bisa mencapai standar yang lebih baik dengan harga jual berlipat.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline