Lihat ke Halaman Asli

Ang Tek Khun

TERVERIFIKASI

Content Strategist

Geliat Futsal Indonesia dan Kehadiran Cosmo JNE FC

Diperbarui: 2 Agustus 2023   16:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi (image: pexels)

Justinus Lhaksana dikenal sebagai pengamat sepak bola. Namun sebenarnya Coach Justin memulai karier kepelatihan di futsal. Selebihnya, saya tidak tahu banyak tentang Futsal Indonesia atau Liga Futsal Indonesia. Juga baru tahu bahwa JNE mendukung sebuah klub bernama Cosmo JNE. Apa cuma saya yang kuper?

MESKI sama-sama menyepak bola, harus diakui pamor futsal tak pernah berbanding lurus dengan kemeriahan dan kemewahan sepak bola. Dalam skala tim nasional (timnas), hingga lapis-lapis liga, tetaplah memiliki suara lantang.

Makin tak sebanding bisa dibandingkan dengan liga luar (dunia). Kita tahu siapa (negara mana) yang menjadi juara dunia, momen-momen indah atau penentuan kemenangan, dan pemain-pemain yang melejit pada perhelatan dunia itu.

Namun, bagaimana dengan futsal? Gelap. Bagai orang buta. Tak ada, dalam konteks kita di tanah air, yang tahu siapa pemain-pemain hebat dunia untuk urusan menendang bola di lapangan futsal.

Apa itu futsal?

Sebelum maju membahas futsal Indonesia, kita bertahan di topik ini sebentar, yaitu apa itu futsal? Secara sepintas saja. Siapa tahu ada yang belum benar-benar tahu pernik dasar tentang olahraga ini. Jangan sampai dikira semacam permainan kasti, hehehe.

Dalam sekilasan, futsal mirip dengan sepak bola, tetapi lapangannya lebih kecil dan dimainkan dalam satu tim yang lebih kecil juga. Futsal menghadirkan lima orang dalam lapangan untuk melawan lima pemain dari tim lain.

Secara lapangan, futsal bisa dimainkan di luar ruangan (outdoor) maupun di dalam ruangan (indoor). Pada masa futsal populer di kalangan orang awam, main di mana saja adalah sama. Yang penting sewa lapangannya murah, hehe.

Asal-Muasal Futsal

Dirunut lebih jauh, olahraga futsal dikenal bervariasi nama. Namun kata "futsal" sendiri, menjadi istilah internasional. Asal kata itu konon dari "futbol" yang asal Spanyol atau Portugis. Sementara "sala" tak lain bermakna "dalam ruangan".

Pencetus awal futsal adalah Juan Carlos Martini dan ramai dimainkan di kota Montevideo (Uruguay) pada 1930. Futsal kemudian berkembang di negara bagian Amerika Selatan, terutama Brasil.

Futsal sebagai olahraga, telah cukup berusia tua. Futsal resmi tercatat di FIFA sejak tahun 1930. Dia telah mencatat tak kurang dari 100 negara.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline