Lihat ke Halaman Asli

Khumaidi Arifin

Anak Desa, Pemuda Langgar

Pemdes Lunjuk Gelar Pelatihan Ketahanan Pangan

Diperbarui: 2 Agustus 2023   18:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. Pemdes Lunjuk


BARABAI - Sebagai bentuk upaya optimalisasi pelaksanan Program Prioritas Nasional Penguatan Ketahanan Pangan yang termaktub dalam Permendesa Nomor 8 Tahun 2022 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa, Desa Lunjuk Kecamatan Batang Alai Selatan Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) menggelar Pelatihan Ketahanan Pangan, Penangkaran Benih Padi.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Kantor Pemdes Lunjuk, Rabu (2/8), yang dihadiri oleh Sekretaris Camat Batang Alai Selatan Madalia Indrasari, Balai Benih HST Syamsul Kamar, dan PPL Desa Lunjuk Reviana Noor.

Kepala Desa Lunjuk Al Amin menyampaikan, pentingnya dilaksanakan kegiatan ini agar peserta pelatihan bisa memahami betul cara penangkaran benih padi.

"Dengan memahami cara penangkaran benih padi, otomatis akan meningkatkan output bidang pertanian, sehingga ketahanan pangan di Desa Lunjuk bisa terjamin dan meningkat," kata Al Amin.

Ketahanan Pangan, menurut Al Amin, merupakan persoalan vital dan wajib diperhatikan karena menyangkut kebutuhan primer yang harus dipenuhi.

"Urusan pangan ini vital, mengingat hal itu, Pemdes Lunjuk saya pastikan penggunaan Dana Desa 20 persen untuk ketahanan pangan sesuai amanat Permenkeu Nomor 201 Tahun 2022," pungkanya. (mid)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline