Lihat ke Halaman Asli

khumaediimam

Teruslah menebar kebaikan, karena kebaikan yang mana yang diridhai, tiada kita tahu

Teguhkan Kemandirian, MWC NU Brebes Helat Perlombaan dan Pengajian Akbar

Diperbarui: 9 Maret 2020   11:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok.istimewa

Brebes- Dalam rangka menguatkan kemandirian warga nahdliyin pada Harlah NU ke 94, Majlis Wakil Cabang (MWC) Nahdlatul Ulama Kecamatan Brebes menghelat serangkaian acara, yakni meliputi aneka perlombaan seperti; MTQ, Pidato, Qosidah dan Hadroh serta pawai ta'aruf dan pengajian Akbar.

Muhajir selaku ketua tanfidiyah MWC NU Brebes menuturkan bahwa serangkaian acara ini sengaja dihelat untuk memeriahkan gebyar Harlah NU ke 94, khususnya di kecamatan Brebes sebagai jantung ibu kota. Dirinya sangat prihatin dengan ghiroh  ke NU an yang kini makin mengancam generasi penerus. "Acara ini tidak lain bertujuan untuk mengobarkan kembali semangat warga nahdliyyin, khususnya banom-banom NU kecamatan Brebes", tuturnya.

dokpri

Sebagai acara pembuka dari rangkaian Harlah NU ke 94 MWC NU Brebes, telah digelar serangkaian mata lomba pada Minggu 08 Maret 2020 di desa Kaliwlingi. Washadi Toyib sebagai ketua panitia menyampaikan bahwa rangkaian perlombaan ini bertujuan guna menjaring bibit-bibit unggul khususya dalam bidang Seni Islami.

"Sengaja, peserta kami batasi untuk lingkup banom-banom NU se kecamatan Brebes saja. Tidak lain untuk mengukur kekuatan sekaligus mencari potensi-potensi unggul di lingkup MWC NU Brebes", paparnya.

dokpri

Hadir tiga dewan juri profesional dalam bidang MTQ, Pidato, Qosidah dan Hadroh. Mereka yakni: Imam Chumedi, S.Sos.I, Jamaludin, S.Pd.I dan Ahmad Taufik, S.Pd. Ketiga dewan juri tersebut dibuat terpukau dengan antusias dan kreatifitas para peserta lomba. Tepat pukul 15.00WIB, semua perlombaan selesai. Tampil sebagai juara Lomba MTQ yaitu: Fadlullah Sahil, Rahma Aulia dan Sindi Mulyani. Sementara untuk cabang Pidato terpampang nama: Ilham Bahrul Ulum, Abdul Muamar dan Jihan Roro Ayuningtiyas.

Pada cabang Qosidah dewan juri hanya memilih dua group terbaik yaitu: Group El-Hawa dari ranting Terlangu dan group Fatmus dari ranting Pemaron. Sedangkan untuk perlombaan Hadroh dipuncaki oleh group Damar Jagad dari Kaligangsa Wetan, disusul group hadroh Azharul Musthofa-Pasarbatang dan As-Syahadah dari Pulosari.

dokpri

Washadi juga menambahkan bahwa penyerahan hadiah akan dilaksanakan pada Sabtu, 14 Maret mendatang bertepatan dengan pengajian Umum Harlah NU Ke 94 di Masjid Al-Ikhsan Pasarbatang. Ia juga berharap kepada para juara 1 untuk bisa tampil pada acara tersebut.

dok.istimewa

Sementara perihal pawai ta'aruf yang diagendakan Jumat, 13 Maret ba'da Jumat, sementara belum bisa dipastikan pelaksanaannya. Berdasarakan konfirmasi terkini, beberapa sesepuh dan tokoh masyarakat sekitar masih tarik-ulur perihal pawai-ta'aruf yang diprediksi akan diikuti oleh ribuan warga nahdlyin, lembaga dan banom NU se kecamatan Brebes.

Muhajir selaku ketua tanfidiyah MWC NU Brebes masih menunggu kepastian perihal pawai taaruf. "Kita akan melakukan rapat pemantapan dengan tokoh masyarakat sekitar. Kalaupun mengingat situasi dan kondisi yang kurang memungkinkan untuk diadakan pawai ta'aruf, ya kita legowo. Kita ramaikan saja, pengajian Akbarnya Sabtu mendatang. Insya Allah akan dihadiri oleh KH. Dr. Abbas Fuad dari Buntet, Cirebon sebagai pembicaranya", ungkapnya.

Imam Chumedi, KBC-28




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline