Lihat ke Halaman Asli

Khotibul Umam

Mahasiswa

Abdimas 02 UTM Gelar Pelatihan Digital Marketing untuk Menunjang Pengembangan Desa Wisata Adat

Diperbarui: 18 Juli 2023   16:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi Pribadi

ABDIMAS 02 UTM Gelar Pelatihan Digital Marketing Untuk Menunjang Pengembangan Desa Wisata Adat Napo Laok

Mahasiswa pengabdian masyarakat kelompok 02 Universitas Trunojoyo Madura memberikan pelatihan tentang digital marketing kepada POKDARWIS Desa Napo Laok. Adanya pelatihan ini sangat diperlukan untuk menunjang pengembangan desa wisata adat Napo Laok dalam mengembangkan potensi wisatanya, Kamis (13/07/2023).

ABDIMAS 02 UTM yang sedang melakukan pengabdian masyarakat di Desa Napo Laok, Kecamatan Omben, Kabupaten Sampang, Madura di bawah bimbingan bapak Edy Purwanto S.Pd., M.A. mengadakan pelatihan digital marketing kepada POKDARWIS untuk meningkatkan pengetahuan mereka tentang cara mengembangkan potensi Desa Wisata Napo Laok. Pelatihan ini merupakan strategi marketing yang penting diajarkan kepada pihak kelompok sadar wisata untuk mencapapai tujuan.

Melalui pelatihan ini, kelompok sadar wisata akan mendapatkan pemahaman dan keterampilan baru dalam memanfaatkan potensi digital saat ini. Bapak Abdul Basid selaku Kepala Desa Napo Laok menginginkan adanya branding pada desanya. Maka dari itu, ABDIMAS 02 mengadakan pelatihan ini guna membantu pengembangan wisata desa ini melalui promosi media sosial dan cara pengelolaannya.

Bapak Jami' selaku ketua kelompok sadar wisata Desa Wisata Adat Napo Laok mengucapkan banyak terimakasih kepada para mahasiswa pengabdian masyarakat kelompok 02 telah mengadakan pelatihan ini.

" Pelatihan ini yang kami perlukan dari dulu untuk menunjang pengembangan wisata di desa ini, kami sangat berterimakasih karena dengan adanya pelatihan ini kami dapat mengerti pengelolaan strategi keuangan, pemasaran, dan  untuk mengembangkan wisata desa Napo laok ini," ujarnya.

Dokumentasi Pribadi

Nur salah satu anggota tim ABDIMAS 02 UTM dalam pelatihan ini menyampaikan bahwa penggunaan dan penguasaan beberapa aplikasi masih sangat awam bagi peserta pelatihan, sehingga kami perlu mengajarkan dari awal hingga para peserta paham dan dapat mencontohkan aplikasi yang teah diajarkan.

Pelatihan pengembangan sosial media yang dilakukan adalah membuat desain poster dan vidio untuk menarik wisatawan agar berkunjung dan cara untuk memposting agar memiliki banyak pengunjung. ABDIMAS 02 juga mengajarkan bagaimana cara mengembangkan dan mengelola website desa yang diharapkan dengan adanya website ini memudahkan pengunjung untuk mengetahui wisata apa saja yang ada disana. Tak hanya itu, mahasiswa pengabdian masyarakat juga mengajarkan tentang keuangan dan administrasi dimulai dari  perhitungan tentang jurnal, buku besar, dan laporan perubahan ekuitas yang tentunya akan sangat membantu dalam pengelolaan keuangan wisata desa.

Adapun mahasiswa penanggung jawab yang melakukan kegiatan pelatihan digital marketing untuk menunjang pengelolaan wisata yakni, Nadia Eka Rahmasari -- Mahasiswi Psikologi UTM, Nur Ilmiyah -- Mahasiswi Akuntansi UTM,  dan Muhammad Muslim Iqrom Al-Jalil-- Mahasiswi Ilmu Kelautan UTM.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline