Lihat ke Halaman Asli

KHOLISOH

teacher blogger

Kembali Belajar, Sudah Siapkah Kita?

Diperbarui: 3 Januari 2021   15:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

gambar oleh canva

Awal tahun 2021 bulan Januari merupakan saat dimulainya Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di semester 2 dimana kembali belajar secara virtual akan tetap dilakukan mengingat pandemi covid 19 terus bertambah jumlah korban bahkan virus telah mengalami mutasi gen.

Pelaksanaan PJJ ( Pembelajaran Jarak Jauh ) akan tetap dilanjutkan dengan berbagai macam pertimbangan. Sejak Maret 2019 secara serentak sekolah ditutup dan siswa belajar secara on line banyak sekali kejadian maupun temuan – temuan yang negatif diantaranya kasus kekerasan terhadap anak  karena tidak mau belajar atau siswa stress lantaran banyak tugas dari gurunya.

Kesiapan orang tua dalam mendampingi anaknya belajar di rumah juga persepsi guru dalam memaknai PJJ merupakan beberapa hal penting berkenaan dengan bagaimana melaksanakan PJJ di masa pandemi secara efektif sehingga semua pihak harus bekerja sama dan berkolaborasi dalam pelaksanaannya.

Sebelas  bulan sudah pandemi belum juga selesai rencana belajar secara tatap muka mungkin hanya menjadi wacana, namun hal itu tidak mengurangi semangat para guru dan siswa untuk tetap belajar menuntut ilmu.

Tak dapat dipungkiri kerinduan bertemu dengan teman – teman di sekolah, belajar bersama, bercanda, bercerita maupun bermain menjadi penawar agar tetap sehat dimasa ini berat memang tapi harus dilakukan. Berjalan seiring waktu semua orang mulai beradaptasi dengan hal baru yang menjadi kebiasaan baru diberbagai aspek kehidupan dan mulai mengerti serta memahami  menjalankan kehidupan di era new normal. 

Di sini orang tua sudah bisa mengikuti aturan baru pelaksanaan PJJ bahkan wawasan mereka bertambah karena dipaksa menggunakan aplikasi belajar dengan baik, meskipun agak kesusahan di awal namun tidak menjadi masalah.

Prinsip pelaksanaan PJJ adalah memberikan pengalaman belajar yang bermakna dengan memanfaatkan alam sekitar sebagai media atau sarana belajar bagi peserta didik. Kemungkinan adanya beragam perbedaan terhadap hasil belajar sangat mungkin terjadi, sehingga dalam penugasan harus disesuaikan dengan minat, situasi dan kondisi sekitar serta bervariasi.

Hal – hal yang bisa saya lakukan sebagai guru ketika kembali belajar cecara daring setelah melakukan assesmen pembelajaran diantaranya :

1.Membuat portofolio mingguan.

Hasil belajar peserta didik dalam bentuk dua dimensi yang ditulis atau digambar pada sebuah buku tulis yang tersusun rapi sesuai indikator pencapaian peserta didik lalu dikumpulkan setiap akhir subtema atau setiap minggu.

2.Membuat quiz harian secara lebih optimal dan bervariasi.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline