Lihat ke Halaman Asli

Kholifah Anindyana

Mahasiswa PPG Prajabatan Gelombang 2 Tahun 2023

Topik 4 Aksi Nyata - Prespektif Sosiokultural

Diperbarui: 16 Januari 2024   17:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

No.

Alur pembelajaran

Pertanyaan Refleksi

1

Mulai Dari Diri

Apa yang Anda pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran?

Sebelum memulai pembelajaran, saya memahami topik imi berhubungan dengan perkembangan pada peserta didik sesuai dengan kebutuhan belajarnya. Gaya belajar, kemampuan belajar, dan perkembangan peserta didik saling berkaitan dengan erat. Sebelum memulai pembelajaran topik ini saya berpikir mengenai konsep umum pada ZPD ini tentang bagaimana pendekatannya, strategi, metode dan teknis pembelajaran yang sesuai dengan zone of proximal development.

2

Eksplorasi Konsep

Apa yang Anda pelajari dari konsep yang Anda pelajari dalam topik ini?

Saya mempelajari konsep tentang Zona Perkembangan Proksimal (ZPD) dengan mengandalkan interaksi antara orang yang lebih berkompetensi dan orang yang kurang berkompeten, sehingga orang yang kurang berkompeten menjadi mahir secara mandiri dengan tugas yang awalnya diselesaikan bersama. Kemampuan pada seseorang untuk meniru, seperti yang dijelaskan dalam Vygotsky ialah dasar untuk zona subjektif perkembangan proksimal. Zona perkembangan proksimal ini mengacu pada tindakan dan fungsi yang dapat digunakan peserta didik untuk saling berinteraksi. ZPD melibatkan kemampuan kognitif anak dalam proses pendewasaan dan tingkat kinerja mereka dengan bantuan orang lain yang lebih ahli. ZPD dapat diaplikasikan dengan menggunakan strategi scaffolding yakni memberikan bantuan bertahap pada peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline