Lihat ke Halaman Asli

Kholif Diniawati

Guru MAN 3 Bantul

Perpustakaan Ulil Albab MAN 3 Bantul, Gelar Bimbingan Pengguna

Diperbarui: 14 Agustus 2024   22:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kepala Perpustakaan Ulil Albab, Kholif Diniawati  memberikan bimbingan penggunaan aplikasi presensi kepada siswa, Selasa (13/8/24)/dokpri

Bantul (MAN 3 Bantul) - Bimbingan pengguna adalah salah satu layanan yang umumnya tersedia di perpustakaan, dan proses belajar mengajar, khususnya tentang bagaimana memanfaatkan perpustakaan secara efektif, mencari atau menelusur sebuah informasi. Mengingat pentingnya bimbingan pengguna, yang tentunya mempermudah pelayanan dan juga memberikan kenyamanan bagi pemustaka tersebut, perpustakaan Ulil Albab MAN 3 Bantul menyelenggarakan Program Bimbingan pendidikan untuk pemustaka, Selasa (13/8/24).

Program dipandu guru bahasa Indonesia yang juga staf Humas, Nur Salamah, M. Li dan diikuti 36 siswa kelas X G. Sedangkan nara sumber kegiatan adalah kepala perpustakaan, Kholif Diniawati, M.Pd., B.I. dan staf pegawai perpustakaan, Prantini, A.Md. Dalam paparannya, Kholif menyampaikan alur pemanfaatan perpustakaan, mulai dari peraturan pengunjung perpustakaan, tata cara presensi, alur peminjaman buku dan alur pengembalian buku.

"Sebelum memasuki perpustakaan, alas kaki harap dilepas dan diletakkan di rak sepatu. Untuk presensi, menggunakan aplikasi presensi dengan menuliskan nomor induk siswa yang tertera di kartu pelajar. Setelah presensi, silakan membaca-baca buku atau ingin menggunakan fasilitas computer dengan free wifi. Sedangkan kalau ingin meminjam buku, maka bisa mencari katalog melalui aplikasi OPAC," jelas Kholif.

Pustakawan Perpustakaan Ulil Albab MAN 3 Bantul, Prantini menerangkan tata cara penggunaan aplikasi kepada siswa./dokpri

Sementara itu, Prantini sebagai pustakawan yang juga menjadi nara sumber dalam kegiatan bimbingan pengguna, menjelaskan sistem aplikasi yang bisa dimanfaatkan siswa, diantaranya penggunaan aplikasi OPAC untuk mencari daftar buku yang menjadi koleksi perpustakaan. 

"Kalau ingin meminjam buku, maka bisa dicari melalui OPAC yakni dengan menuliskan judul buku atau nama pengarang. Setelah ditemukan nomornya, maka ditulis di kertas dan dicari di rak buku sesuai nomor yang dicatat. Setelah itu didaftarkan sebagi buku pinjaman di petugas sirkulasi dengan menyebutkan nomor induk, Pencatatan peminjaman dilakukan dengan menggunakan aplikasi SLIM," tutur Prantini.

Salah satu siswa yang ikut dalam kegiatan, Regina mengatakan rasa senang dan mengaku baru pertama kalinya mengetahui aplikasi peminjaman dengan sistem online. Menurutnya perpustakaan Ulil Albab sudah canggih dan pelayanan melalui aplikasi sangat efektif dan mempercepat pelayanan. 

"Perpustakaannya bagus sekali, fasilitasnya juga lengkap. Bimbingan pengguna ini sangat bermanfaat bagi kami, terlebih kami adalah siswa baru yang nantinya tentu sangat membutuhkan perpustakaan guna meminjam buku dan juga menggunakan media computer yang ada di perpustakaan untuk mengerjakan tugas," pungkas Regina (lif)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline