BAB II
TINJAUAN PUSTAKA
Manajemen Pemasaran
Menurut Kotler dan Keller (2022), manajemen pemasaran adalah seni dan ilmu memilih pasar sasaran dan meraih, mempertahankan, serta menumbuhkan konsumen dengan menciptakan, menghantarkan, dan mengomunikasikan nilai pelanggan yang unggul, seni dan ilmu untuk menarik, mempertahankan, serta meningkatkan pelanggan dengan menetapkan pasar sasaran dan menjadikan nilai pelanggan yang unggul.
Menurut Tjiptono (2016:63), manajemen pemasaran secara keseluruhan yaitu cara perusahaan melakukan bisnis yang mempersiapkan, dan meningkatkan konsumen mendistribusikan produk, jasa, dan gagasan yang dapat memenuhi kebutuhan pasar sasaran. Berdasarkan beberapa pernyataan para ahli, dapat disimpulkan bahwa manajemen pemasaran merupakan ilmu yang diterapkan pada pelaku usaha bisnis agar tetap hidup melalui proses perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian dalam konsep pemasaran.
Manajemen pemasaran selalu mengajarkan tentang pengembangan konsep-konsep dari manajemen pemasaran yang telah dikaitkan dengan pengembangan strategi yang digunakan di era globalisasi. Manajemen pemasaran merupakan bagian dari proses perencanaan, pengawasan, pengendalian, dan pengorganisasian atas program-program yang menjaga pertukaran yang menguntungkan dengan konsumen tepat sasaran.
2.1.1 Fungsi Manajemen Pemasaran
Menurut Satriadi, Wanawir, Eka Hendrayani, Leonita Siwiyanti, Nursaidah (2021) Fungsi manajemen pemasaran di antaranya ada aktivitas menganalisis yaitu analisis yang dilakukan untuk mengetahui pasar dan lingkungan pemasarannya sehingga dapat diperoleh seberapa besar peluang untuk merebut pasar dan seberapa besar ancaman yang harus dimiliki.
Menurut Satriadi, Wanawir, Eka Hendrayani, Leonita Siwiyanti, Nursaidah (2021) Sebuah bisnis atau suatu perusahaan yang sedang berkembang wajib memahami manajemen pemasaran yang baik, apalagi pada era globalisasi seperti ini dimana banyak kompetitor yang ingin berlomba-lomba memasarkan produknya bahkan hingga berbagai manca negara. Menurut Satriadi, Wanawir, Eka Hendrayani, Leonita Siwiyanti, Nursaidah (2021) manajemen memiliki beberapa fungsi sebagai berikut :
- Fungsi Pertukaran
- fungsi pertukaran pada suatu manajemen pemasaran terbagi menjadi dua fungsi utama, yakni fungsi pembelian dan fungsi penjualan. Lebih lanjut, fungsi pembelian berarti suatu peran manajemen pemasaran berfungsi sebagai proses timbal balik dari suatu aktivitas penjualan. Dengan begitu, diperlukan strategi khusus terutama dalam pemahaman mengenai kegiatan yang dapat menarik konsumen untuk membeli.
- Fungsi Fisis
- Fungsi fisis pada manajemen pemasaran berfokus pada kegunaan waktu, lokasi dan bentuk yang perlu dipertimbangkan pada suatu produk ketika suatu produk itu akan diangkut, diproses dan disimpan hingga sampai ketangan konsumen. Jika tidak dipertimbangkan dan direncanakan dengan baik, bisa jadi perusahaan tersebut akan mengalami kerugian besar akibat penanganan produk yang tidak berstandar.
- Fungsi Penyediaan Sarana
- Manajemen pemasaran ini juga memiliki fungsi sebagai penyediaan sarana karena akan berkaitan dengan segala kegiatan yang mampu melancarkan operasional pemasaran. Fungsi dalam penyediaan sarana mencakup segala proses pengumpulan, komunikasi, penyortiran sesuai standar dan pembiayaan.
2.1.2 Tujuan Manajaemen Pemasaran
Menurut Meithiana Indrasari (2019) tujuan manajemen pemasaran antara lain:
- Menciptakan permintaan atau demand; hal ini dimaksudkan untuk menciptakan permintaan melalui berbagai cara,membuat cara terencana untuk mengetahui preferensi dan selera konsumen terhadap barang atau jasa yang diproduksi untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.
- Kepuasan pelanggan; manajer pemasaran harus mempelajari permintaan pelanggan sebelum menawarkan barang atau jasa.
- Pangsa pasar atau market share; setiap bisnis bertujuan untuk meningkatkan pangsa pasarnya, yaitu rasio penjualannya terhadap total penjualan dalam perekonomian.
- Peningkatan keuntungan; hal ini dilakukan karena pemasaran adalah bagian yang menghasilkan pendapatan untuk bisnis.
- Pencitraan produk yang baik di mata publik; jika departemen pemasaran menyediakan produk-produk berkualitas kepada pelanggan dengan harga yang wajar, tentunya akan menciptakan citra yang baik pada pelanggan.
- Menciptakan pelanggan baru; pelanggan adalah dasar dari sebuah bisnis.
- Memuaskan pelanggan; pelanggan yang puas bukan berarti hanya membeli produk karena sesuai dengan kebutuhan pelanggan.