Assalamualaikumm Wr. Wb. Perkenalkan nama saya Kholid Fahada Progam Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Universitas PGRI Semarang. Pada kegiatan KKN Tematik Literasi dan Numerasi saya memilih SMP N 1 Mranggen sebagai tempat pengabdian khususnya pada kelas 8 dan 9.
Saya disini memiliki progam kerja yaitu penyampaian materi pembelajaran khususnya di pembelajaran penjas (Pendidikan Jasmani). Disini saya juga membantu guru khususnya guru pamong untuk pembuatan administrasi seperti jurnal, absensi google classroom dan lain sebagainya setiap minggunya.
Model pembelajaran PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh) adalah pembelajaran yang menggunakan jaringan internet berbantu gawai maupun laptop dimana siswa belajar, absensi , mengerjakan uji kompetensi dll dengan menggunakan aplikasi yang telah disepakati bersama oleh pihak sekolah, guru dan siswa. Di SMP N 1 Mranggen menggunakan aplikasi Whatsapp Group, Google Classroom dan Youtube untuk menunjang proses pembelajaran. Walaupun pembelajaran dilaksanakan secara daring diharapkan siswa tetap mampu mengikuti materi yang disampaikan.
Saya membantu guru dalam melaksanakan Pembelajaran Jarak Jauh dengan membuat materi pembelajaran tentang kebugaran jasmani, permainan bola besar ( Bola Basket dan Bola Voli ),dan Atletik. Melalui materi dan uji kompetensi yang saya buat diharapkan mampu diterapkan secara sederhana dalam kehidupan sehari hari bagi siswa dengan berbantu media Video dan gambar yang ada dalam materi.
Tentunya penting bagi kita untuk tetap menjaga kebugaran di masa Pandemi seperti saat ini. Melalui materi materi yang saya buat diharapakan membuat siswa yang masih berusia produktif untuk tetap bergerak dan melakukan aktifitas walaupun pembelajaran dilaksanakan dirumah.
Pelaksanaan PJJ ( Pembelajaran Jarak Jauh ) dengan memberikan materi pembelajaran penjas khususnya siswa kelas 8 dan 9 dengan empat materi pembelajaran yaitu Kebugaran jasmani , Permainan bola besar ( Bola Basket dan Bola Voli ) dalam bentuk Word dan PPT (Power Point ) yang didalamnya sudah besertakan gambar dan video.
Hal ini juga berpengaruh untuk siswa lebih tertarik dan penasaran dengan adanya gambar beserta video tentang materi pembelajaran yang disampaikan. Setelah penyampaian materi, kemudian diberikan uji kompetensi siswa dengan bentuk soal Pilihan Ganda yang dapat diakses melalui Google Classrooom berupa soal evaluasi tentang materi yang telah disampaikan sebelumnya.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H