Lihat ke Halaman Asli

Bagaimanakah Manajemen Public Relations?

Diperbarui: 15 Oktober 2023   22:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Dalam pelaksanaan kerjanya, seorang Public Relations sepenuhnya mengacu pada pendekatan manajerial yang menggunakan konsep manajemen tersebut untuk mempermudah tugas-tugasnya.

Manajemen Public Relations (MPR) dapat diartikan sebagai cara pengelolaan dan evaluasi terhadap berbagai kegiatan komunikasi dalam sebuah organisasi. Proses manajemen public relations diawali dengan perencanaan yang menjadi dasar pengendalian dan evaluasi organisasi.

Kegiatan manajemen public relations dilakukan secara koordinatif untuk mencapai tujuan bersama. Namun, terdapat beberapa hambatan dalam pelaksanaan MPR ini diantaranya hambatan bahasa dan perbedaan keahlian dan keterampilan yang dimiliki oleh seorang Public Relations dalam sebuah organisasi.

Sebagai contoh nyata implementasi manajemen public relations yaitu pada Bank Indonesia sebagai bank sentral tugasnya yaitu menetapkan dan melaksanakan kebijakan moneter terkait suku bunga bank dan surat-surat berharga.

Terdapat 6 kata kunci menurut L. Wilcox dalam pendefinisian Public Relations, antara lain;

1. Sengaja

2. Terencana

3. Kinerja

4. Kepentingan masyarakat

5. Komunikasi dua arah

6. Fungsi manajemen

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline