Lihat ke Halaman Asli

Khoirur Rizqi

Teknologi Informasi

Metaverse, Kemutakhiran Teknologi Semesta Dalam Digital

Diperbarui: 17 Juni 2022   08:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Istilah metaverse ini mulai ramai diperbincangkan di berbagai media dimulai ketika Mark Zuckerberg pendiri perusahaan facebook ini mengubah nama perusahaannya menjadi meta. Mark Zuckerberg mengungkapkan visinya untuk membuat platform metaverse atau dunia dalam digitalisasi . Ia juga sudah menggandeng berbagai perusahaan besar dunia lainnya untuk menciptakan semesta digital ini. Metaverse ini dipandang sebagai evolusi media , dimana sebelumnya kita hanya bisa menikmati konten dalam bentuk dua dimensi  seperti dalam televisi , smartphone, ataupun game .Nah dengan teknologi metaverse ini kita bisa menikmati konten media dalam bentuk tiga dimensi layaknya nyata adanya . Apa sih sebenarnya metaverse itu ?

Pengertian Metaverse

Dari segi Bahasa metaverse berasal dari kata "meta" dan "verse" yang memiliki arti melampaui dan alam semesta , dengan demikian metaverse dapat diartikan sebuah ruangan yang berisi berbagai hal yang melampaui hal yang dapat kita lihat dalam dunia nyata . Secara sederhananya metaverse adalah dunia virtual tiga dimensi yang bisa saling berinteraksi dan menyatu dengan dunia nyata.

Komponen Metaverse

Untuk menciptakan kehidupan baru di dunia virtual maka dibutuhkan beberapa elemen teknologi untuk digabungkan , yaitu :

* Internet

Jangkauan dalam dunia digital tidak akan bisa kita akses tanpa jaringan internet , karena itu jaringan internet menjadi komponen yang paling utama untuk menciptakan semesta dalam digital ini.

* AR ( Augmented Reality)

AR merupakan teknologi yang menggabungkan benda dunia maya ke dalam dunia nyata

secara realitas dalam real time. Contoh dari penerapan teknologi adalah adalah game pokemon go yang sempat trending di seluruh dunia . Game ini menggunakan gps untuk melacak pergerakan pemain serta menggunakan augmented reality untuk menampilkan pokemon ke dalam layar smartphone .

* VR ( Virtual Reality)

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline