Lihat ke Halaman Asli

Tutorial Membaca Puisi yang Baik dan Benar

Diperbarui: 27 Desember 2022   16:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Hobi. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

 Khoirun Nisa Lubis / Dr. Gustianingsih, M.Hum


Seperti yang kita ketahui puisi merupakan ungkapan perasaan penyair yang dikemas dengan bahasa imajinatif untuk menambah kualitas estetis pada makna semantis.Dari tahun 90-an sampai sekarang ini baca puisi sangat sering diperlombakan dari berbagai ajang,terbukti dalam lomba baca puisi banyak sekali yang antusias untuk membaca puisi dan juga termasuk ajang yang dinanti-nanti terutama bagi penyuka seni sastra.

Pasti masih banyak nih, yang belum tau gimanasih cara kita supaya bisa tampil maksimal dan memukau penonton pada saat membaca puisi? Oleh sebab itu, penulis akan berbagi pengalaman dan tips dalam membaca puisi di depan umum ataupun untuk perlombaan.Yuk disimak baik-baik.

Nah,dalam membaca puisi bila ingin dikatakan berhasil,tidak hanya dengan kata-kata atau penulisannya yang baik dan menarik,tetapi bagaimana cara pembaca bisa menarik dan mampu membuat pendengar benar-benar merasakan ruh dari puisi tersebut.Maka dari itu untuk membaca puisi diperlukan latihan mengetahui tentang cara-cara bagaimana membaca puisi yang baik dan benar.

Adapun tips membaca puisi yang baik dan benar yaitu :
1.Kejelasan dalam artikulasi dan intonasi yang tepat
2.Ketepatan ekspresi atau mimic
3.Menggunakan gerak tubuh yang tepat
4.Menguasai arena panggung
5.Kelancaran dan kecepatan
6.Mengatur pernapasan
7. Memahami makna puisi

Itulah 7 tips atau cara agar anda bisa membaca puisi dengan baik dan benar di berbagai pentas maupun ajang perlombaan dari pengalaman penulis. Jadi,bila ingin menjadi pembaca puisi yang baik dan memukau pendengar/audiens
anda harus banyak berlatih dan menguasai tips yang diatas. Semoga bermanfaat dan jangan lupa tetap terus berkarya dan tunjukkan bakatmu.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline