Lihat ke Halaman Asli

Khoirul NissaDwi

Mahasiswa Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Negeri Semarang

Mahasiswa UNNES Giat 6 Mengadakan Pelatihan Konten Kreatif Melalui Aplikasi Canva bertema Pancasila di SD Negeri 1 Simo

Diperbarui: 18 Desember 2023   12:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi Tim UNNES Giat 6 Desa Simo

Pada hari Jumat tanggal 17 November 2023 mahasiswa UNNES Giat 6 telah mengadakan pelatihan konten kreatif melalui aplikasi Canva bertema Pancasila di SD Negeri 1 Simo. Kegiatan ini disambut baik oleh Kepala Sekolah SD Negeri 1 Simo, Bapak Parjo S.Pd. Pada saat koordinasi terkait kegiatan tersebut Bapak Parjo mengatakan "Kegiatan ini sangat berdampak positif bagi siswa-siswi SD Negeri 1 Simo, karena mereka bisa secara langsung mempraktekkan dengan aplikasi yang di ajarkan mahasiswa UNNES dengan memanfaatkan teknologi yang ada sekaligus mereka sambil mengenal nilai-nilai Pancasila.

Kegiatan ini diikuti oleh siswa-siswi kelas 5 SD Negri 1 Simo. Siswa-siswi sangat antusias mengukti setiap rangkaian kegiatan yang diadakan oleh mahasiswa UNNES Giat 6. Kegiatan ini diawali dengan penjelasan singkat oleh mahasiswa UNNES Giat 6 mengenai nilai-nilai Pancasila serta penerapannya di Kehidupan sehari-hari, saat memberikan penjelasan tersebut wali kelas 5 yaitu Bapak Harun memberikan kesempatan kepada siswa-siswi untuk bertanya kepada mahasiswa UNNES Giat 6 terkait dengan penjelasan materi penerapan Pancasila.

Dokumentasi Tim UNNES Giat 6 Desa Simo

Seusai penjelasan nilai-nilai Pancasila yang disampaikan oleh mahasiswa Unnes Giat 6, dilanjutkan dengan praktek pembuatan konten kreatif yang bertema nilai-nilai Pancasila menggunakan aplikasi Canva. Dengan arahan serta petunjuk pembuatan konten melalui video yang ditampilkan di Layar LCD, siswa-siswi mengikuti dengan penuh semangat dan tertib menggunakan media laptop yang sudah disediakan oleh mahasiswa UNNES Giat 6.

Dokumentasi Tim UNNES Giat 6 Desa Simo

Tidak hanya kegiatan itu saja, pada hari berikutnya mahasiswa UNNES Giat 6 mengadakan lomba mewarnai yang diikuti oleh siswa-siswi kelas 1 A dan kelas 1 B. Gambar yang digunakan untuk lomba mewarnai adalah hasil dari desain yang dibuat oleh siswa siswi kelas 5. Dari lomba mewarnai tersebut siswa siswi dapat belajar lambang-lambang Pancasila dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila di dalam kehidupan sehari-hari. Melalui kegiatan ini diharapkan apa yang sudah dibagikan oleh mahasiswa UNNES Giat 6 bermanfaat bagi siswa-siswi SD Negeri 1 Simo.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline