Lihat ke Halaman Asli

Khoirul Mustofa

Mahasiswa KPI

Mahasiswi KKN UIN Walisongo Membuka Ruang Belajar untuk Anak-anak

Diperbarui: 20 Agustus 2021   17:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mahasiswi KKN sedang mendampingi anak-anak mewarnai (Dokpri)

Semarang_Semenjak Covid-19 melanda Indonesia awal 2020, pemerintah mengeluarkan kebijakan untuk membatasi aktivitas masyarakat guna menekan penyebaran virus, hal tersebut tidak hanya berdampak pada orang dewasa saja tetapi juga berpengaruh ke anak-anak, dimana kegiatan belajar dilakukan secara daring, atas peralihan tersebut banyak anak-anak yang kesulitan memahami materi. 

Guna membantu mereka, mahasiswi Kuliah Kerja Nyata (KKN) Mandiri Inisiatif Terprogram Dari Rumah (MIT DR) XII UIN Walisongo Semarang yang melaksanakan KKN di Desa Kaligetas Kelurahan Jatibarang Kecamatan Mijen Kota Semarang membantu mendampingi anak-anak belajar daring.

Kegiatan ruang belajar tersebut dilaksanakan setiap hari libur sekolah, sudah dimulai sejak  Minggu (18/7/2021) lalu.

Linda selaku mahasiswi KKN dari kelompok 2 yang mendampingi kegiatan belajar tersebut mengatakan bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk membantu anak-anak agar bisa menguasai materi . "Sebagai bentuk pelaksanaan program kerja individu yang bertujuan  membantu anak-anak desa mengulas kembali pelajaran yang telah didapatkan di sekolah" Ujar Linda.

Atas kegiatan tersebut mandapatkan respon positif dari salah satu wali murid karena dengan kegiatan itu membantu anaknya melakukan kegiatan produktif, tidak hanya bermain saja. "Supaya tidak bermain saja, biar bisa sambil belajar sama teman-temannya" tutur Sulastri selaku ibu dari anak yang mengikuti pendampingan belajar yang diselenggarakan mahasiswi KKN.

Semoga dengan adanya kegiatan ini, dapat memberikan manfaat untuk anak-anak karena pendampingan belajar di sini tidak hanya mengupas materi yang telah dijelaskan dibangku sekolah, tetapi disini juga mengajarkan melukis, menggambar dan mewarnai.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline