Lihat ke Halaman Asli

Khoirul Munir

Guru dan Peneliti

Hubungan Budaya Organisasi dan Persepsi Guru terhadap Kepemimpinan Kepala Sekolah Implikasinya pada Kinerja Guru SMK se Kecamatan Cikande, Serang

Diperbarui: 10 Februari 2022   08:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Hubungan Budaya Organisasi Sekolah dan Persepsi Guru tentang Kepemimpinan Kepala Sekolah dengan Kinerja Guru SMK di Kecamatan Cikande Kabupaten Serang. 

Tujuan penelitian ini adalah mengukur hubungan yang signifikan antara budaya organisasi sekolah dengan kinerja guru; hubungan yang signifikan antara persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru; dan hubungan yang signifikan antara budaya organisasi sekolah dan persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah secara bersama--sama dengan kinerja guru.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey dan teknik pengambilan sampel dengan simple random sampling. Jumlah sampel penelitian sebanyak 82 orang guru SMK di Kecamatan Cikande Kabupaten Serang. 

Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan analisis data menggunakan korelasi, regresi, uji t dan uji F. Hasil temuan menunjukkan hubungan yang signifikan antara budaya organisasi sekolah dengan kinerja guru dapat dijelaskan dengan nilai koefisien korelasi 0,546 dan nilai thitung sebesar 5,828 lebih besar dari > 1,993 (ttabel). 

Dimana besarnya kontribusi hubungan budaya organisasi sekolah terhadap kinerja guru secara signifikan sebesar 29,8%. Terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru dapat dijelaskan dari nilai koefisien korelasinya sebesar 0,227 dan nilai thitung adalah 2,085 lebih besar dari > 1,993 (ttabel). 

Dimana kontribusi hubungan kepemimpinan kepala sekolah ditinjau dari persepsi guru dengan kinerja guru hanya 5,2%. Terdapat hubungan yang signifikan antara budaya organisasi sekolah dan persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah secara bersama--sama dengan kinerja guru. Hal ini dijelaskan dari nilai koefisien korelasinya sebesar 0,552 dan nilai Fhitung sebesar 17,291 > Ftabel sebesar 3,12. Dimana besarnya kontribusi hubungan budaya organisasi sekolah dan persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah secara bersama--sama terhadap kinerja guru sebesar 30,4%.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline