Lihat ke Halaman Asli

Khoirul Anwar Ali

Mahasiswa di UNS

Transformasi Perpustakaan di SMP Negeri 18 Surakarta: Peran Mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 6 dalam Meningkatkan Minat Baca

Diperbarui: 10 Desember 2023   09:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumen Pribadi

Program Kampus Mengajar merupakan terobosan baru dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi dengan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar di luar lingkungan kampus selama satu semester. Program ini memiliki 4 (empat) sasaran pokok bagi jenjang SMP/MTs yang terdiri dari program literasi dan numerasi, adaptasi teknologi, manajemen sekolah dan mitigasi perubahan iklim (SDGs). Adapun salah satu sekolah sasaran dari program ini adalah SMP Negeri 18 Surakarta. Mahasiswa MBKM Kampus Mengajar Angkatan 6 diterjunkan di sekolah ini beserta Dosen Pembimbing Lapangan yaitu Bapak Akhmad Mustofa, S.Tp., M.Si. dari Universitas Slamet Riyadi.

Gagasan awal yang tercetus dalam kegiatan observasi awal sekolah oleh mahasiswa ialah revitalisasi dan pengelolaan perpustakaan. Ruang perpustakaan yang semula berada di lantai 2 menyebabkan minimnya antusiasme siswa untuk berkunjung ke perpustakaan dikarenakan lokasi yang kurang terjangkau. Dalam rangka meningkatkan minat baca siswa di perpustakaan sekolah maka ibu Kepala SMP Negeri 18 Surakarta berinisiatif memindahkan ruangan tersebut ke lantai 1. Bak gayung bersambut, hal tersebut merupakan langkah baik bagi mahasiswa dan sekolah untuk bersama-sama bersinergi dalam meningkatkan literasi sekolah.

Proses pemindahan ruang perpustakaan menyita waktu yang cukup banyak dikarenakan perlu merenovasi beberapa ruangan. Mahasiswa MBKM bersama petugas perpustakaan SMP Negeri 18 Surakarta berkomitmen untuk menyulap ruang perpustakaan sebagai tempat yang menarik dan menyenangkan bagi siswa dalam memperkaya khazanah pengetahuan mereka sehingga nantinya minat baca siswa dapat meningkat.

Revitalisasi perpustakaan dilakukan oleh mahasiswa MBKM dan petugas perpustakaan mulai dari nol, yakni dengan bersama-sama membersihkan ruangan dan penataan sarana prasarana.

Dokumen Pribadi

Dokumen Pribadi

Setelah sarana prasarana selesai disusun, kegiatan selanjutnya ialah membersihkan buku-buku yang berdebu dan penempelan wallpaper lemari buku agar terkesan lebih hidup. Kegiatan dilanjutkan dengan penataan dan pengklasifikasian buku sesuai jenisnya agar para pengunjung dapat dengan mudah mencari buku yang dibutuhkan. Buku yang tersedia di perpustakaan SMP Negeri 18 beraneka ragam jenisnya seperti fiksi, non fiksi, ensiklopedia, buku pelajaran, dan lain sebagainya. Buku fiksi menjadi salah satu jenis buku yang sangat diminati oleh siswa.

Dokumen Pribadi

Dokumen Pribadi

Setelah buku-buku di ruang perpustakaan tersusun rapi, kegiatan berlanjut dengan pembuatan kartu kunjungan siswa. Kartu ini dimaksudkan agar pendataan buku pinjaman oleh siswa lebih mudah.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline