Lihat ke Halaman Asli

Khoirul Anwar

Mahasiswa Prodi Matematika

Pentingnya Membersihkan Selokan

Diperbarui: 19 Juni 2022   17:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Nature. Sumber ilustrasi: Unsplash

Menjaga kebersihan lingkungan sama artinya menciptakan lingkungan yang sehat, bebas dari kotoran, seperti debu, sampah, dan bau yang tidak sedap. Kebersihan lingkungan dimulai dari menjaga kebersihan halaman dan selokan, dan membersihkan jalan di depan rumah dari sampah.

Selokan adalah saluran untuk menyalurkan air pembuangan dan/atau air hujan untuk dibawa ke suatu tempat agar tidak menjadi masalah bagi lingkungan dan kesehatan.

 

Selokan memberi banyak manfaat contohnya adalah sebagai jalannya irigasi, sebagai saluran pembuagan air yang sudah dipergunakan oleh manusia dari berbagai aktifitas dan kegiatan sehari-hari, dan mampu mengantarkan air hujan yang turun menuju tempat yang lebih rendah ke penampungan air. 

Kurangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya selokan ini menjadikan masyarakat yang menyepelekan kebersihan selokan dan penyebab yang akan dialaminya. Di daerah kos saya yaitu daerah Pasar Ngaliyan masih ada masyarakat yang masih tidak peduli dengan kebersihan selokan seperti warga sekitar yang membuang sampah sembarangan sehingga menyumbat selokan yang menyebabkan kerusakan selokan yang ada disekitar lingkungan. Air yang ada diselokan terkadang juga meluap dan menyembabkan genangan yang akan terjadi dijalan yang menyebabkan kurang nyamnnya kendaraan yang lewat dijalan tersebut.

Kurangnya kepedulian masyarakat maka saya turut berpartisipasi langsung dengan membersihkan selokan sebagai bentuk pengabdian masyarakat. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan disekitar Pasar Ngaliyan bertujuan untuk mencegah terjadinya penyumbatan selokan yang akan menyebabkan meluapnya air.

Menjaga kebersihan  dijelaskan di Alquran dalam QS Al-A'raf : 85
Kepada penduduk Madyan, Kami (utus) saudara mereka, Syuaib. Dia berkata, "Wahai kaumku, sembahlah Allah. Tidak ada bagimu tuhan (yang disembah) selain Dia. Sungguh, telah datang kepadamu bukti yang nyata dari Tuhanmu. Maka, sempurnakanlah takaran dan timbangan, dan janganlah merugikan (hak-hak) orang lain sedikit pun. Jangan (pula) berbuat kerusakan di bumi setelah perbaikannya. Itulah lebih baik bagimu, jika kamu beriman." 

Menjaga kebersihan juga terdapat dalam butir-butir Pancasila sila ke-5 butir ke-1 yang bunyinya mengembangkan perbuatan yang luhur, yang mencerminkan sikap dan suasana kekeluargaan dan kegotong-royongan.

Manfaat langsung dari kegiatan pengabdian masyarakat ini ialah sebagai tambahan kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan sekitar sehingga membangun kesadaran masyarakat. Metode yang digunakan dalam pengabdian masyarakat ini adalah kerja langsung.

Langkah ini diambil untuk menyadarkan masyarakat akan pentingnya untuk membersihkan selokan dan tidak membuang sampah sembarangan agar tidak terjadinya banjir dan meluapnya air disekitar lingkungan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline