Lihat ke Halaman Asli

Jualan Pulsa Modal 100 Ribu

Diperbarui: 25 Juni 2015   19:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

salam sejahtera untuk kita semua

Judul Tulisan diatas saya ambil dari sebuah artikel yang di tulis oleh seseorang yang konon mengaku seorang konsultan IT (tanda tanya), dengan mengaku namanya adalah "Melvin Sujatmiko".

Disalah satu paragaraf tulisanya ada sebuah kalimat yang mengatakan   "Alangkah Tololnya orang yang menjual pulsa dengan hanya bermodalkan 100 rb"

ini tulisan aslinya :

"..... apa ia seperti itu kenyataan dilapangan  ? Kalo toch memang seperti itu, alangkah tololnya orang itu, karena jika hanya bermodalkan seratus ribu, memutuskan untuk berjualan pulsa yang jelas-jelas untungnya hanya 800-1000 rupiah saja........"

sumber: http://ekonomi.kompasiana.com/wirausaha/2012/02/20/mengapa-operator-selluler-menerapkan-sistem-hard-cluster/

Dalam pengamatan saya banyak sekali saat ini penjual pulsa, yang biasa di sebut dengan reseler berjalan (karena tidak memiliki konter) mereka berjualan dimana saja, kapan saja, sambil kerja, sambil sekolah dan lain-lain, bahkan toko-toko kelontong kecil-kecil di perkampungan, perumahan skarang sudah banyak sambil menjual pulsa, yang mana modal mereka hanya 50 sd 100 rb, terkadang mereka dalam sehari bisa lebih dari sekali datang ke server all operator, makanya para reseler modal kecil ini rata-rata mencari server all operator yang dekat dengan tempat tinggalnya, sehingga bisa dengan cepat melakukan penambahan deposit, bahkan kadang minta di isi dulu depositnya kemudian sore harinya baru bayar.

Ada pengalaman dua orang anak SMP dari satu keluarga, setiap sore hari dua anak ini datang ke server All oparator untuk mengisi depositnya, mereka berdua melakukan penjualan pulsa dimana saja dia berada, apalagi karena dua anak ini masih sekolah banyak teman-temannya yang membutuhkan pulsa, dan rata kalau anak-anak SMP membeli pulsa dalam pecahan kecil2 .. 1000,2000, 5000 paling besar

Dalam sekali transaksi rata kedua anak tadi bisa ambil margin Rp. 600, kalau modalnya 100 rb berarti rata-rata bisa digunakan untuk melayani rata2 18 sd 25 transaksi tergantung denominalnya, artinya dalam satu hari kedua anak tadi bisa mendapatkan keuntungan Rp.10.800 sd   15.000/ hari nya memang jumlah keuntungan yang sebagian besar di anggap orang tidak besar.

tapi mari kita lihat :

kalau dalam satu hari dua anak tadi masing-masing bisa menghabiskan deposit sejumlah 100 rb x 24 hari = Rp.2.400.000 omset nya/bulan,di kalikan dua anak =Rp. 4.800.000

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline