Lihat ke Halaman Asli

Posyandu Lansia Bersama Mahasiswa KKN UNSURI SURABAYA di Desa Jumputrejo Sukodono Kab Sidoarjo

Diperbarui: 20 Juli 2024   09:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Posyandu Lansia Desa Jumputrejo bersama Mahasiswa KKN UNSURI

Posyandu Lansia adalah sebuah inisiatif pelayanan kesehatan yang berfokus pada kelompok usia lanjut di masyarakat, yang bertujuan untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan mereka. Kegiatan ini dilakukan melalui kolaborasi antara petugas kesehatan puskesmas, kader posyandu, serta dukungan aktif dari masyarakat setempat.

Pada Rabu, 02 Agustus 2023, petugas kesehatan dari Puskesmas bersama kader Posyandu dan juga Mahasiswa KKN UNSURI SUARABAYA mengadakan kegiatan Posyandu Lansia di Balai Desa Jumputrejo, Sukodono, Kabupaten Sidoarjo. Kegiatan ini meliputi penyuluhan kesehatan, pemeriksaan kesehatan, dan cek gula darah. Acara ini dihadiri oleh puluhan lansia dari Desa Jumputrejo Sukodono, dari daftar hadir kurang lebih sampai 55 orang.

Posyandu Lansia bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup para lansia, sehingga mereka dapat menjalani masa tua yang sehat, mandiri, dan produktif. Sasaran program ini mencakup pra usia lanjut (40-65 tahun), usia lanjut 65 tahun keatas, dan usia lanjut dengan risiko tinggi 70 tahun keatas. Selain itu, program ini juga menyasar keluarga lansia dan masyarakat umum.

Kegiatan di Posyandu Lansia meliputi pengukuran Indeks Massa Tubuh (IMT) yang mencakup pengukuran berat dan tinggi badan, pemeriksaan tekanan darah, cek kadar gula darah dan kolesterol, konseling dan penyuluhan kesehatan, serta aktivitas fisik seperti senam di luar jadwal posyandu.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline