Lihat ke Halaman Asli

Khoiriyatul Musyarofa

Mahasiswi IAIN jember

Nilai Plus bagi Seorang Guru

Diperbarui: 12 Mei 2020   15:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Tugas guru bukan hanya sebagai pengajar, pendidik, dan pembimbing. Akan tetapi guru juga harus melatih peserta didik agar memiliki keterampilan dan kecakapan sesuai dengan mata pelajaran maupun diluar mata pelajarannya seperti ekstrakurikuler dan lain sebagainya.

Jadi sebagai seorang guru harus memiliki skill dan keterampilan yang banyak, agar bisa melatih siswa untuk terampil, kreatif dan inovatif. Guru tidak bisa hanya menjadi seorang guru yang bisa mengajar dikelas, menerangkan materi kepada peserta didiknya, akan tetapi guru juga harus memiliki nilai plus yaitu dengan keterampilan yang dimilikinya. Contohnya seperti tata busana, tata rias, tata boga dan lain sebagainya.

Mengingat pada saat ini yang lagi terkena lockdownload maka guru bisa memanfaatkan keterampilan nya dirumah, seperti tata busana lalu dijual via online. Selain memiliki nilai plus bagi guru, itu juga bisa menjadi penghasilan tambahan untuk guru, terlebih lagi bagi guru honorer yang gajinya terbatas mungkin ini bisa menjadi solusinya.

Jadi untuk itu kita harus terus menggali potensi kita sedalam mungkin, bagi para calon guru dan yang sudah jadi guru, jangan hanya menjadi guru mata pelajaran saja tapi kita harus menggali potensi atau kemampuan kita untuk masa depan kita dan peserta didik kita.

Teruslah berkarya jangan pernah menyerah, untuk masa depan yang cerah.
Semoga bermanfaat untuk kita semua. Aamiin.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline