Lihat ke Halaman Asli

Pentingnya Penataan SDM dalam Perusahaan

Diperbarui: 21 Desember 2021   23:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Dalam sebuah perusahaan atau organisasi aset yang paling berharga adalam Sumber Daya Manusia. karena Sumber Daya Manusia merupakan faktor yang paling utama guna tercapainya tujuan organisasi atau perusahaan dan menjadi tombak keberhasilan sebuah organisasi atau perusahaan. maka dari itu guna tercapainya tujuan yang hendak di capai perlu mengelola sumber daya manusia yang dimiliki semaksimal mungkin hingga dapat menciptakan sumber daya manusia yang unggul dan kompeten.

dapat kita lihat contoh-contoh dari negara yang maju seperti jepang, singapura, dan china mereka memiliki sumber daya manusia yang unggul dari negara-negara lain. karena dengan memiliki sumber daya manusia yang unggul dan tangguh maka mereka dapat membawa bangsa mereka untuk menuju kesuksesan hingga dapat diakui oleh negara lain. karena sumber daya alam saja tanpa di imbangi dengan sumber daya manusia yang unggul maka tetap saja tidak dapat berkembang. karena kita perlu sumber daya yang unggul guna memanfaatkan sumber daya alam yang ada hingga dapat mengahasilkan sebuah produk atau barang yang dapat bermanfaat untuk semua orang.

pada pembahasan kali ini kita akan membahas mengenai penataan sumber daya manusia yang ada di sebuah oranisasi atau perusahaan.

pengertian penataan sumber daya manusia

penataan sumber daya manusia merupakan sebuah program atau kegiatan yang diadakan oleh perusahaan yang di awali dengan perencanaan sumber daya manusia yang dilanjutkan dengan penarikan atau seleksi sumber daya manusia dan diakhiri dengan pengembangan sumber daya manusia yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan pokok perusahaan dengan memperoleh sumber daya manusia (SDM) yang unggul dan kompeten. sumber daya manusia yang unggul dan berkualitas akan sangat membantu dalam berjalannya kesuksesan sebuah organisasi atau perusahaan.

 karena meskipun dalam perusahaan tersebut memiliki fasilitas yang canggih dan terlengkap tetapi tidak di imbangi dengan SDM yang berkualitas maka tidak ada  gunanya karena perusahaan mencari SDM ynag berkualitas yang mampu mengoperasikan dan memanfaatkan fasilitas yang tersedia dengan maksimal. tidak jarang di perusahaaan yang ada di indonesia maupun luar negeri memiliki karyawan yang sedikit tetapi mampu sukses dan dapat mengahasilkan produk atau barang yang unggul dan berkualitas beda dengan perusahaan yang anyak karyawan dan fasilitas tetapi memiliki poduk yang kurang mampu bersaing dengan produk dari perusahaan lain. hal ini dapat terjadi karena kurangnya kualitas SDM ynag mereka miliki. karena sumber daya manusia yang berkualitas harus di harus memiliki pengengelolaan yang lebih optimal lagi oleh perusahaan dengan penataan sumber daya manusia yang tepat.

Tahapan dari program penataan sumber daya bagi perusahaan :

1. perencanaan sumber daya manusia

Pada tahap peencanaan sumber daya manusia ini harus sesuaikan dengan manajemen strategi orgasnisasi atau perusahaan. karena pada tahap ini perusahaan harus memperkirakan permintaan sumber daya manusia dan apa yang mereka sedang butuhkan seperti posisi apa yang mereka sedang butuhkan. sehingga dapat mencari sumber daya manusia yang kompeten dan berkualitas saat tahap selanjutnya dilaksanakan.

2. Seleksi Sumber daya manusia

pada tahap ini perusahaan melakukan sebuah proses penarikan karyawan yang sesuai dengan kualifikasi yang sedang dibutuhkan oleh perusahaan. dan pada proses ini perusahaan harus benar-benar dapat memilah dari sekian banyak pendaftar yang mampu menempati posisi yang sedang dibutuhkan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline