Perkembangan Metode Just In Time Hingga Saat Ini
Sebelum adanya metode Just In Time (JIT) bisnis manufaktur dalam mengatur jadwal produksinya berdasarkan dugaan kebutuhan di masa yang akan datang, padahal sistem ini memiliki resiko kerugian yang sangat tinggi dimana sistem nya stok barang. Oleh karena itu dalam perkembangannya munculah metode Just In time
Metode Just In time pertama kali dikembangkan oleh Mr Taiichi Ohno mantan presiden direktur Toyota Company dimana beliau melakukan inovasi terhadap pemborosan terhadap bahan baku, tempat, tenaga kerja, waktu dan biaya. Karena keberhasilan metode just in time dalam menekan jumlah biaya produksi banyak perusahaan manufaktur lain yang mengadopsi metode ini.
Just In Time adalah sistem produksi untuk mengurangi biaya, pengerjaan yang efisien dan memperoleh kualitas sesuai dengan yang diinginkan perusahaan. Sistem just In Time dibuat untuk mengurangi pemborosan karena over production, excess inventory dana waiting . Prinsip prinsip dasar dalam metode just ini time ini adalah terciptanya sistem produksi yang terjadwal dan sesuai dengan pesanan, produksi dilakukan dalam jumlah lot, meminimalisir pemborosan ( scrap, waiting time, overproduction ), Perbaikan aliran produk secara terus menerus, terus meningkatkan kualitas produk dan mengurangi segala bentuk ketidakpastian.
Just In Time memiliki proses yang sederhana yaitu barang akan dibuat ketika menerima order dalam jumlah tertentu dengan mekanisme kerja sebagai berikut :
- Perusahaan menerima orderan dalam jumlah tertentu, kemudian intruksi untuk memulai produksi diberikan kepada line produksi
- Line produksi menerima supply suku cadang dari production control sesuai dengan jumlah barang yang diperlukan.
- Line produksi akan mengganti barang yang digunakan dengan suku cadang dalam jumlah yang sama dari proses sebelumnya
Jadi untuk mempertahankan keberlangsungan metode ini perusahaan harus terus meningkatkan kualitasnya agar dapat bersaing dengan perusahaan yang lain,selain itu dalam pengiriman barang harus tepat waktu sesuai orderan yang dipesan. Hal ini dapat berpengaruh terhadap kepercayaan customer terhadap perusahaan.
Terimakasih
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H