Lihat ke Halaman Asli

Nurul Khofifah

Mahasiswi Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial di Universitas Negeri Jakarta

Seputar Polandia

Diperbarui: 22 Juni 2021   22:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Sejarah Negara Polandia
Negara Polandia atau yang miliki nama resmi Republik Polandia adalah sebuah negara yang terletak di Benua Eropa yaitu tepatnya Eropa Tengah. Warna bendera yang dimiliki oleh Polandia serupa dengan negara Indonesia, namun memiliki perbedaan penempatan warna, dimana pada bendera Polandia warna putih berada di atas dan warna merah berada di bagian bawah, sedangkan pada bendera Indonesia yaitu sebaliknya.


Jika membahas tentang sejarah, dahulu Polandia pernah diinvasi oleh Jerman dan Uni Soviet. Pada tanggal 1 September 1939 Jerman melakukan invasi, semntara Uni Soviet pada 17 September 1939. Akibat dari invasi tersebut Polandia akhirnya terbelah menjadi dua bagian, yang masing-masing dikuasai oleh Nazi Jerman, serta Republik Sosialis Soviet. Setelah terjadinya Perang Dunia Kedua atau PD II, Republik Rakyat Polandia dibentuk sebagai negara satelit yang dinaungi oleh Uni Soviet. Melalui gerakan-gerakam solidaritas yang dilakukan rakyat Polandia, akhirnya pada tahun 1989 Polandia merubah sistem pemerintahannya menjadi negara republik yang demokratis.

Karakteristik Negara Polandia
Polandia memiliki wilayah seluas 312.685km2 dan secara astronomis Negara Polandia terletak di antara garis lintang 49o LU – 55o LU dan garis bujur 14o BT – 25o BT. Adapun batasan wilayah Polandia antara lain:
1. Bagian timur Negara Polandia berbatasan dengan: Negara Lituania, Negara Belarus, dan Negara Ukraina

2. Bagian selatan Negara Polandia berbatasan dengan: Negara Ceko dan Negara Slovakia

3. Bagian utara Negara Polandia berbatasan dengan: Negara Rusia dan Laut Baltik

4. Bagian Barat Negara Polandia berbatasan dengan: Negara Jerman


Keunikan Negara Polandia ini walaupun terletak di Eropa Tengah, tetapi bagian tengah serta utaranya masuk ke dalam wilayah Eropa Utara. Pada wilayah ini terdapat 4 distrik perbukitan morain dan danau yang sudah terbendung oleh moraine sejak zaman es Pleistosen. Keempat distrik tersebut antara lain:
1. Distrik Danau Polandia Besar

2. Distrik Danau Kashubian

3.  Distrik Danau Pomerania

4. Distrik Danau Masurian (terbesar)

Wilayah bagian selatan Negara Polandia terdapat wilayah Masovia, Silesia dan Lusatia yang ditandai adanya lembah sungai pada zaman es, pegunungan Sudetes, dataran tinggi Kraków-Częstochowa, Pegunungan Świętokrzyskie dan juga pegunungan Carpathian. Pada pegunungan Carpathian terdapat titik tertinggi bernama Tatra yang terbentang sepanjang perbatasan selatan Polandia.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline