OLEH: Khoeri Abdul Muid, S.Pd., M.Pd.
Kepala Sekolah SD Negeri Kuryokalangan 02, Gabus, Pati
Menurut Peraturan Direktur Jenderal Guru Dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset Dan Teknologi Nomor 7327/B.B1/HK.03.01/2023, Kepala Sekolah harus memiliki tiga kompetensi, yakni Kompetensi Kepribadian, Kompetensi Sosial, dan Kompetensi Profesional.
Salah satu subindikator Kompetensi Sosial ialah tentang pemberdayaan guru dan tenaga kependidikan untuk peningkatan kualitas pembelajaran di satuan pendidikan.
Berikut adalah beberapa contoh saja dari bukti fisik yang dapat menunjukkan subindikator tersebut yang biasanya diperhatikan saat Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS):
1. Program Pengembangan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan
- Bukti adanya program atau rencana pengembangan profesional yang mencakup pelatihan, seminar, atau workshop yang ditujukan untuk meningkatkan keterampilan mengajar dan kompetensi profesional guru.
- Contoh: dokumentasi program pelatihan untuk guru dalam penggunaan teknologi pendidikan, pengembangan kurikulum, atau pelatihan pedagogik yang relevan dengan kebutuhan pengajaran saat ini.
2. Penyusunan dan Implementasi Rencana Pengembangan Karir Guru
- Dokumen yang menunjukkan bahwa kepala sekolah mendukung pengembangan karir guru melalui penyusunan rencana pengembangan karir individu, seperti pencapaian sertifikasi guru atau promosi jabatan.
- Contoh: rencana pengembangan karir yang melibatkan guru dalam perencanaan dan evaluasi kegiatan pembelajaran serta kesempatan untuk mengikuti program sertifikasi atau pendidikan lanjut.
3. Fasilitasi Guru dalam Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran
- Bukti bahwa kepala sekolah memberikan dukungan dan fasilitas bagi guru untuk melakukan penelitian tindakan kelas atau pengembangan metode pembelajaran yang inovatif.
- Contoh: dokumentasi tentang proyek penelitian yang dilakukan oleh guru untuk meningkatkan pembelajaran, dengan dukungan penuh dari kepala sekolah, termasuk fasilitas waktu dan sumber daya.
4. Penyediaan Sumber Daya Pembelajaran yang Memadai
- Dokumen atau bukti yang menunjukkan kepala sekolah menyediakan sumber daya yang memadai untuk mendukung kualitas pembelajaran, seperti buku ajar, alat peraga, dan perangkat teknologi yang dapat dimanfaatkan oleh guru dalam kegiatan pembelajaran.
- Contoh: laporan pengadaan buku atau perangkat teknologi baru yang digunakan oleh guru untuk meningkatkan kualitas pengajaran.
5. Pengawasan dan Evaluasi Pembelajaran yang Berkelanjutan
- Bukti adanya sistem pengawasan dan evaluasi pembelajaran yang dilakukan secara teratur, termasuk umpan balik yang diberikan oleh kepala sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas.
- Contoh: laporan hasil evaluasi pembelajaran yang dilakukan oleh kepala sekolah atau pengawas pendidikan untuk memantau efektivitas pengajaran dan memberikan saran perbaikan kepada guru.